Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Juli, Lapangan, Ruang Ganti, dan Dormitory PSSI Training Center di IKN Jadi

Kompas.com - 11/05/2024, 14:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Dua lapangan bola, dua ruang ganti, dan dua asrama atau dormitory PSSI Training Center (TC) di Ibu Kota Nusantara (IKN) ditargetkan tuntas pada 14 Juli 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan PSSI TC Tahap I ini mendapat dana hibah dari FIFA Forward senilai 5.6 juta atau setara dengan Rp 86 miliar.

Tahap I, pembangunan difokuskan pada lapangan rumput natural, lapangan rumput artifisial, asrama, dan ruang ganti pemain.

Baca juga: Sebelum 17 Agustus 2024, Tol IKN Tersambung Tol Balikpapan-Samarinda

Untuk asrama Tahap I, total kapasitasnya adalah 70 orang, terdiri dari 28 twin room untuk pemain, 10 single room untuk tim pelatih, dan 3 suite untuk pelatih kepala.

"FIFA membiayai kita Rp 86 miliar. Itu jadinya barangnya satu lapangan natural yang dilapisi rumput Zoysia Matrella, dan kemudian sintetis. Dua lapangan, dua ruang ganti, dan dua dormitory," tutur Basuki kepada Kompas.com.

Selain itu, Kementerian PUPR juga mengerjakan tahap kedua yang saat ini tengah dalam proses land clearing. Tahap II ini juga dilengkapi dengan dua asrama.

"Rencananya, PSSI punya program membangun 8 TC," imbuh Basuki.

Pembangunan TC PSSI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Indonesia.

Baca juga: Bandara VVIP IKN Bakal Melayani Penerbangan Komersial

Dengan fasilitas bertaraf internasional, para pemain dan staf akan dapat berlatih dan berkembang di lingkungan yang mendukung, dilengkapi dengan infrastruktur terkini, serta program dan metodologi latihan terbaik.

Sesuai blue print, PSSI TC di IKN dirancang memiliki total delapan lapangan sepak bola, pusat rehabilitasi, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang tidak hanya akan bermanfaat bagi tim nasional, namun juga masyarakat sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com