Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKN Siap Gelar Upacara Transisi HUT Ke-79 Kemerdekaan RI

Kompas.com - 13/06/2024, 08:06 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) siap menggelar upacara transisi HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2024.

Plt Wakil Kepala Otorita IKN (OIKN) Raja Juli Antoni memastikan hal itu kepada Kompas.com saat melakukan kunjungan kerja di IKN, Rabu (12/6/2024).

“Seperti yang diumumkan oleh Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), kami siap melaksanakan upacara 17 Agustus di IKN. Upacara ini adalah upacara transisi untuk menyampaikan selamat datang IKN dan sekaligus juga jangan lupakan Jakarta,” ujarnya, Rabu (12/6/2024).

Baca juga: Kepala Otorita IKN Ganti, Bos Pakuwon Yakin Proyek Tetap Jalan

Sebagaimana diketahui, Menteri PMK Muhadjir Effendi telah mengumumkan bahwa pelaksanaan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 akan dilaksanakan di IKN dan di Jakarta

Raja Juli mengungkapkan, upacara di IKN akan dilaksanakan secara sederhana, penuh dengan khidmat dan kesyukuran seiring kehadiran ibu kota baru.

Namun demikian, Raja Juli belum dapat memastikan apakah penaikan bendera dilakukan di IKN dan penurunannya dilakukan di Jakarta.

"Kami masih membahas teknisnya bagaimana, dan itu akan diumumkan Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg)," cetus Raja Jlu.

Menurutnya, Rabu (12/6/2024), ada kunjungan dari sekretaris militer dan beberapa instansi lain untuk melihat kondisi lapangan.

Baca juga: Pakuwon Siapkan Capex Rp 650 Miliar untuk Proyek IKN Tahap I

"Tapi terakhir kami lihat bersama Presiden Jokowi minggu lalu, Insyaallah OIKN akan berupaya sekuat tenaga untuk memastikan agar Upacara 17 Agustus 2024 berjalan dengan keren, khidmat sekaligus sebagai upacara transisi,” tegasnya.

Kesiapan infrastruktur dasar yang akan digunakan dalam pelaksanaan upacara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN juga dilontarkan Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga.

Menurutnya, Kawasan Kantor Kepresidenan yang mencakup Kantor Presiden, Istana Negara dan Lapangan Upacara sudah mencapai progres rata-rata 80 persen.

Danis memerinci, kemajuan pembangunan Kantor Presiden mencapai hampir 90 persen, sementara Istana Negara berada pada level 70 persen.

Adapun Lapangan Upacara, Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur dan Barat serta Grande juga sudah dipersiapkan dan akan tuntas pada waktunya 17 Agustus 2024.

Termasuk Landasan Pacu Bandara VVIP IKN yang akan digunakan tamu-tamu penting, tanggal 17 Agustus sepanjang 2.200 meter.

"Sedangkan secara total keseluruhan infrastruktur dasar Batch I sudah berada pada posisi 84,9 persen atau hampir 85 persen, dan Batch II 36-37 persen dengan hitungan per 6 juni 2024," urai Danis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com