Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Satelit BIN di IKN Bakal Telan Rp 706,4 Miliar, Ini Desainnya

Kompas.com - 19/06/2024, 18:08 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Pemerintah terus menggeber pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN).

Satu di antaranya terkait infrastruktur yang mendukung Badan Intelijen Negara (BIN) melalui pembangunan Kantor Satelit BIN, yang berlokasi di dekat Kawasan Istana Kepresidenan IKN.

Pembangunan Kantor Satelit badan telik sandi ini didamerupakan bagian dari tansformasi peradaban bangsa yang diimplementasikan lebih lanjut dalam target Key Performance Indicator (KPI) dalam lima bidang.

Baca juga: Pemerintah Lelang Proyek Sekolah, Pasar, dan Puskesmas di Kawasan Hunian ASN IKN

Kelimanya adalah kesejahteraan masyarakat, ekologis dan preservasi lingkungan alami, konektivitas kawasan, infrastruktur kawasan dan Information and Communication Technology (ICT).

Visi Pembangunan Kawasan pusat pemerintahan untuk menciptakan sebuah lingkungan kerja yang mendorong produktivitas dan kreativitas guna merealisasikan transformasi dalam dunia kerja.

Dalam konteks ini, pengembangan Kantor Satelit BIN dikembangkan sesuai dengan KPI yang ditargetkan.

Pemenuhan kebutuhan ruang Kantor Satelit BIN dengan fokus utama untuk memastikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan para pengguna bangunan gedung.

Bangunan ini dirancang dengan perhatian khusus pada desain untuk mendukung lingkungan kerja yang produktif, dengan tetap memastikan standar keamanan yang ketat dan standar keselamatan yang baik.

Pengembangan desain dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan sebuah lingkungan kantor yang efisien, mendukung produktivitas serta memberikan kenyamanan bagi semua pengguna bangunan.

Baca juga: Air Siap Minum di IKN Gunakan Teknologi Hijau Ozon

Gedung Kantor Satelit BIN terdiri dari  Office Tower, Bangunan Auditorium, Podium Penghubung, Bangunan Biro Umum, dan Bangunan Security Post dua unit dengan luas masing-masing 100 meter persegi.

Kemudian dilengkapi dengan area parkir semi basement, area parkir outdoor (parkir EV, parkir ambulans), gardu PLN, area penunjang lain seperti mekanikal, elektrikal dan plumbing (MEP).

Kantor Satelit BIN diproyeksikan menelan anggaran senilai Rp 706,4 miliar yang berasal dari DIPA Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Kalimantan Timur, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2024-2025.

Kantor Satelit BIN ini menempati area seluas 1,042 hektar, dengan Koefisien Luas Bangunan (KLB) 1,46, Luas Lantai Bangunan 20.532,35 meter persegi, Construction Floor Area (CFA)  27.569,54 meter persegi, Koefisien Dasar Bangunan (KDB): 20,68, Koefisien Dasar Hijau (KDH) 43,25, dan Area Hijau pada Bangunan 4.626,68 meter persegi.

Kondisi lahan eksisting diselubungi oleh hutan industri dengan pohon homogen eucalyptus dan semak belukar yang kedepannya akan diusahakan untuk dikembalikan menjadi hutan heterogen dengan pohon yang beragam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com