Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang HUT RI di IKN, Hotel "Fully Booked" dan Sudah Dibayar Penuh

Kompas.com - 21/06/2024, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Permintaan kamar hotel di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, meningkat hingga dua kali lipat jelang penyelenggaraan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024.

Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Balikpapan Soegianto mengatakan, permintaan kamar hotel bintang 4 dan bintang 5 di seluruh Balikpapan sudah hampir penuh.

"Sedangkan kamar di hotel bintang 3 dan bintang 2 masih tersedia," kata Soegianto, dikutip dari Antara, Jumat (21/6/2024).

Soegianto menyatakan beberapa waktu sebelumnya diminta oleh perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) untuk menyediaka kamar bagi tamu penting atau Very Important Person (VIP).

Baca juga: Bila Jalan Tol IKN Beroperasi, Pengelolanya Akan Dilelang

"Jadi, kamar untuk VIP juga sudah penuh," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan perayaan upacara HUT ke-79 RI akan berlangsung di dua lokasi yaitu di Jakarta dan IKN.

Muhadjir menyebutkan upacara di IKN akan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri presiden terpilih, sedangkan upacara di Jakarta akan dipimpin Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan diikuti wakil presiden terpilih.

Perubahan agenda itu, tidak memengaruhi industri hotel di Balikpapan dan belum terkonfirmasi pembatalan pemesanan kamar.

"Sampai saat ini, kamar yang sudah dipesan belum ada pembatalan. Justru permintaan semakin banyak," katanya.

Baca juga: Kawasan Pemerintahan IKN Tersambung Jaringan Air pada 30 Juni 2024

Mayoritas tamu yang memesan kamar untuk 17 Agustus 2024, juga sudah melakukan pembayaran penuh.

"Sebagian besar sudah melakukan pembayaran dan mereka pun tidak menyatakan batal atau minta refund. Sampai sekarang masih berjalan normal," jelasnya.

9.000 Kamar

Adapun jumlah total kamar bintang di Kota Balikpapan sebanyak 9.000 unit. Rinciannya, kamar hotel bintang 3, 4, dan 5 sekitar 4.000 kamar.

Sementara jumlah kamar hotel bintang 1 dan 2 sekitar 5.000 unit.

Sementara itu, General Manager Hotel MaxOne Balikpapan Zuwaini mengaku optimistis Upacara HUT ke-79 RI nanti akan tetap membawa banyak tamu ke Balikpapan, meskipun Presiden Joko Widodo menyatakan akan digelar di dua tempat secara teknis.

Baca juga: Hingga Juni, OIKN Telah Menerbitkan 5 Izin Lokasi Investasi Swasta

"Apalagi, nanti ada gelaran Nusantara Maraton pada 18 Agustus. Acara itu diikuti 5.000 peserta. Mereka tinggal di Balikpapan, sedangkan acara maraton di IKN," ujarnya.

Zuwaini menyatakan permintaan kamar di Hotel MaxOne mencapai puluhan unit setiap hari, terutama pada Agustus 2024.

"Meskipun ada beberapa tamu yang belum membayar penuh, tapi permintaan itu terus ada dan meningkat," tuntas Zuwaini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com