Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Upacara HUT Ke-79 RI Bakal Menginap di Kantor Kemenko I

Kompas.com - 25/06/2024, 05:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) I di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), bakal menjadi fasilitas akomodasi petugas upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17 Agustus 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono emmastikan hal itu saat melakukan tinjauan ke IKN, Senin (24/6/2024).

Untuk menambah kenyamanan para petugas upacara, Basuki minta ditambahkan kamar mandi temporer di setiap lantai. Sebab, rancangan saat ini hanya terdapat enam kamar mandi permanen di setiap lantai.

Baca juga: Banjir di Sepaku Cepat Surut, Pembangunan IKN Tak Terganggu

“Kami akan siapkan 10 kamar mandi portable di setiap lantai. Walaupun hanya menginap di sini satu dua hari tapi kan orang butuh mandi. Kamar mandi portable yang penting bersih, air sudah masuk tidak perlu pakai tanki lagi,” ujar Basuki.

Kantor Kemenko I yang akan digunakan sebagai akomodasi petugas upacara adalah Tower 1 lantai 1-3 yang ditargetkan rampung pada 7 Juli 2024.

Kantor Kemenko 1 terdiri dari 4 tower, di mana setiap tower terdiri dari 6 lantai dan 1 lantai semi basement yang dilengkapi dengan lift panoramic.

Kantor Kemenko 1 dapat menampung total 1.345 ASN yang terdiri dari menteri, jajaran eselon 1 dan 2, ASN dan staf.

Pekerjaan Kantor Kemenko 1 dimulai pada 30 Desember 2022 dengan nilai kontrak Rp 745,7 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya Bangunan Gedung.

Baca juga: Polda Kaltim Jamin Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Jelang HUT RI di IKN

Lingkup pekerjaan meliputi pekerjaan perencanaan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan MEP, pekerjaan interior, pekerjaan lansekap, pekerjaan kawasan dan pencapaian Bangunan Gedung Hijau dengan kriteria utama.

Saat ini progres pembangunan secara keseluruhan mencapai 78,9 persen.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Plt Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni berharap ke depannya Kantor Kemenko 1 dapat menjadi tempat yang nyaman bagi ASN untuk bekerja.

“Insya Allah kantor ini akan menjadi kantor Kementerian yang nyaman dan produktif untuk bekerja,” tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com