Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Ditambah Jadi 458 Orang, Menhub Optimistis Bandara VVIP IKN Bisa Diuji Coba Juli

Kompas.com - 23/04/2024, 20:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali meninjau progres pembangunan Bandara VVIP atau Naratetama, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).

Menurut Budi, proyek pembangunan Bandara VVIP IKN ini masih sesuai rencana dan dikerjakan dengan baik.

Baca juga: Konstruksi Hijau untuk Pembangunan IKN Bisa Tekan Emisi Karbon

“Sejauh ini, progres pembangunan Bandara IKN berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Melihat perkembangannya, saya optimistis bandara ini dapat diujicobakan pada bulan Juli mendatang,” ujar Budi

Kondisi proyek Terminal Bandara VVIP, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).Kemenhub Kondisi proyek Terminal Bandara VVIP, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).
Dalam peninjauan tersebut, Menhub mengecek sejumlah lokasi, salah satunya titik yang nantinya akan menjadi runway.

“Tadi saya melihat ada satu pekerjaan soil improvement (perbaikan tanah) di beberapa lokasi landasan pacu. Secara garis besar, pengerjaannya sudah bagus,” jelasnya.

Baca juga: Sambut HUT ke-79 RI di IKN, Kodam Mulawarman Kejar Persiapan Sarana dan Prasarana

Budi menekankan, pembangunan Bandara IKN dikerjakan dengan sangat serius. Semua pekerja bekerja secara intensif demi memastikan proyek tersebut dapat selesai tepat waktu.

Dia pun mengapresiasi para pekerja yang telah menjaga kelestarian alam selama mengerjakan Bandara VVIP IKN.

Alat berat ekskavator tengah mengeruk lahan di area konstruksi Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).Kemenhub Alat berat ekskavator tengah mengeruk lahan di area konstruksi Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).
“Saya juga senang karena pengerjaan bandara ini tetap mempertahankan kehijauan alam sesuai instruksi dari Pak Presiden,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi berharap Bandara VVIP IKN dapat rampung sesuai rencana dan dapat digunakan pada upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 mendatang.

Baca juga: 10-16 Agustus 2024, Paskibraka Latihan di IKN

“Kami juga berharap bandara ini cepat selesai, Juli selesai. Kemudian, ketika perayaan 17 Agustus sudah ada yang bisa mendarat di sini, membawa Bapak (Menhub) juga,” ungkapnya.

Kondisi proyek pembangunan Terminal Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).Kemenhub Kondisi proyek pembangunan Terminal Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).
Untuk diketahui, progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-19 telah mencakup beberapa aspek.

Di antaranya pekerjaan pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VIP, pekerjaan bored pile, pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VVIP, pekerjaan pancang dan erection TC di Gedung ATC.

Baca juga: IBM Bakal Uji Coba Teknologi Manajemen Aset Berbasis IoT dan AI di IKN

Kemudian pekerjaan minipile dan pilecap Gedung Peribadatan, pekerjaan minipile di Gedung Bengkel dan lab karantina, serta pekerjaan cut & fill di jalan akses utama, embung, dan jalan perimeter barat.

Desain bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN)Kemenhub Desain bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN)
Adapun rencana pada minggu ke-20, akan dilakukan pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai area Terminal VVIP, pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai di Gedung Terminal VIP, pekerjaan lanjutan pondasi pancang dan pilecap di Gedung ATC, serta pekerjaan lanjutan cut & fill.

Baca juga: 2.086 Hektar Lahan IKN Masih Bermasalah, Termasuk untuk Jalan Tol

Kemudian, untuk mempercepat proses pembangunan Bandara VVIP IKN, telah dilakukan penambahan tenaga kerja dari 367 orang menjadi 458 orang pada bulan April.

Selain itu, untuk mempermudah akses logistik, jalan akses utama juga diharapkan bisa selesai pada awal Mei 2024 mendatang.

Desain Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN)Kemenhub Desain Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN)
Sebagai informasi, Bandara VVIP IKN memiliki terminal seluas 7.350 meter persegi dan luas area bandara 347 hektar.

Konsep desain terminal bandara ini akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan.

Dengan landasan pacu sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, Bandara VVIP IKN dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com