Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Proyek Bandara VVIP IKN Lancar, Pemerintah "Pindahkan Hujan"

Kompas.com - 18/06/2024, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Perhubungan tengah membangun Bandara VVIP atau Nusantara Airport di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pembagiannya adalah, Kementerian PUPR bertugas untuk membangun sisi darat dan Kementerian Perhubungan sisi udara.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, saat ini proyek Bandara VVIP IKN porsi Kementerian PUPR sudah mencapai progres 50 persen. Ini mencakup gedung bandara hingga landasan pesawat.

"Ada target panjang 3.000 meter landasannya, Insya Allah kita coba pada Agustus nanti itu sekitar 2.200 meter siap," kata Danis saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Bandara ini ditargetkan bisa digunakan oleh pesawat kepresidenan pada perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024.

Namun demikian dalam pembangunannya, proyek Bandara VVIP IKN sempat terkendala curah hujan yang tinggi.

Baca juga: Seluruh Bilah Garuda Kantor Presiden di IKN Terpasang Akhir Juni 2024

Oleh karenanya, pemerintah melakukan sejumlah strategi, mulai dari pengaturan jam kerja menyesuaikan perkiraan cuaca hingga teknologi modifikasi cuaca dengan menggandeng Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Kita punya jadwal, misal terkait pengisian embung, kalau curah hujan kurang kita coba rekayasa untuk menambah. Tetapi kalau misalnya kelebihan, kita upayakan "memindahkan hujan". Modifikasi cuaca kita lakukan," jelas Danis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com