Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didukung Pusat Data, IKN Dikelola dengan "High Performing Computer"

Kompas.com - 30/04/2024, 07:03 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) disiapkan sebagai kota cerdas yang dikembangkan dengan melibatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional kota, layanan publik, dan kualitas hidup penduduk.            

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi mengatakan, ke depan IKN akan memiliki pusat data dan high performing computer (HPC).

Baca juga: Investor Asing di IKN Masuk Klaster Kedua

Keduanya akan digunakan sebagai infrastruktur bagi pengelolaan kota serta kegiatan riset dan teknologi untuk pengembangan sumber daya hutan tropis berkelanjutan, biodiversitas hingga ke biomedis dan manufaktur modern.

"Pusat data dan HPC merupakan komponen penting dalam infrastruktur teknologi informatika untuk mendukung implementasi kota cerdas," ujar Ali dalam keterangannya kepada Kompas.com, Selasa (30/4/2024).

Ali beserta perwakilan dari Kemenkeu, Bappenas, Kominfo dan PT Bina Karya, berdiskusi dengan Texas Advanced Computing Center (TACC) dan Kota Austin dalam rangkaian kegiatan misi perdagangan yang disponsori United States Trade and Development Agency (USTDA).

Baca juga: Bocoran Info dari Bahlil: Djarum dan Wings Masuk IKN Tahun Ini

TACC merupakan Pusat Penelitian Universitas Texas di Austin. Sejak didirikan pada tahun 2001, TACC memfasilitasi penelitian sains secara terbuka yang dengan menciptakan ekosistem sumber daya komputasi berperforma tinggi.

Direktur Program Industri TACC Melyssa Fratkin mengungkapkan, center ini dikembangkan melalui superkomputer Frontera dan Lonestar6 yang merupakan pusat unggulan pengembangan penelitian dan pendidikan untuk kecerdasan buatan di Amerika.

Sementara Direktur Departemen Pengembangan Ekonomi kota Austin Sylnovia Holt-Rabb mengungkapkan, berbagai inisiasi yang dilakukan oleh pemerintah kota dilakukan dengan mengedepankan prinsip kolaboratif dan inovatif antar departemen dan layanan, serta institusi pendidikan dan industri.

 Baca juga: Bahlil Siapkan Lahan untuk Konglomerat Sukanto Tanoto di IKN

"Peran universitas dan industri dalam menciptakan emerging technology melalui ekosistem kolaboratif dan inovatif bersama pemerintah sangat penting dalam mewujudkan komunitas kota yang berkelanjutan dan berketahanan," kata Sylnovia.

Evidence based policy atau kebijakan berbasis data dan fakta ini juga yang menjadi salah satu peran utama Nusantara K-Hub untuk akselerasi pembangunan IKN ke depan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com