Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi "Groundbreaking" Pembangunan Bina Bangsa School di IKN

Kompas.com - 05/06/2024, 10:20 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan pembangunan fasilitas pendidikan di Ibu Kota Nusantara (IKN), yakni Bina Bangsa School Nusantara, pada Rabu (5/6/2024).

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, pada pagi hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Bina Bangsa School Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," ujarnya. 

Dia menjelaskan, Bina Bangsa School Nusantara merupakan sekolah internasional yang menggunakan kurikulum Cambridge untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di IKN.

Bina Bangsa School Nusantara akan didukung oleh fasilitas-fasilitas modern dalam pembelajaran yang interaktif dan inovatif dengan menerapkan smart school yang mendidik siswa untuk terbuka terhadap teknologi dan menerapkan pembelajaran yang fokus pada kreativitas, kolaborasi, dan pemikiran kritis.

Kehadiran fasilitas pendidikan ini dinilai menunjukkan keseriusan komitmen pemerintah untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung di IKN, termasuk menghadirkan lembaga pendidikan internasional yang berkualitas dunia.

"Dan sekarang sudah ada tujuh sekolah yang dalam proses pembangunan di Ibu Kota Nusantara," tandas Jokowi.

Baca juga: Rangkap Jabatan, Raja Juli Ditunjuk Jokowi Jadi Plt Wakil Kepala Otorita IKN

Kepala Negara berharap Bina Bangsa School Nusantara dengan reputasi dan rekam jejak yang panjang dan baik di bidang pendidikan dapat menyelenggarakan pendidikan yang berkelas dunia di IKN, mempromosikan pendidikan global berkelas tinggi di IKN, dan memberikan pilihan pendidikan yang bermutu bagi warga IKN yang berasal dari berbagai daerah, negara, dan latar belakang.

"Saya sedikit titip agar Bina Bangsa School memberikan ruang untuk memperkenalkan nilai-nilai kearifan lokal, menghormati keragaman budaya, dan memperkuat persaudaraan dan persatuan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Bina Bangsa School Nusantara dibangun di atas lahan seluas 1,8 hektar dengan total nilai investasi sebesar Rp 150 miliar.

Dengan konsep arsitektur tropis modern dan area ruang terbuka hijau bersatu dengan fasilitas sekolah, pembangunan sekolah ini dilakukan dalam empat tahap.

Tahap pertama seluas 5.000 meter persegi untuk pembangunan fasilitas pendidikan anak usia dini dan taman-kanak-kanak.

Kemudian untuk tahap kedua sampai tahap keempat akan dibangun secara berurutan fasilitas pendidikan dasar hingga SMA.

Bina Bangsa School Nusantara akan dilengkapi tempat tinggal guru, lapangan olahraga indoor dan outdoor, laboratorium, perpustakaan, area bermain untuk anak, serta fasilitas penunjang pembelajaran lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com