Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Apartemen ASN di IKN, Modern, Luas, dan "Fully Furnished"

Kompas.com - 04/05/2024, 07:33 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Sejumlah 12 tower apartemen untuk tempat tinggal Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN) ditargetkan tuntas pembangunannya pada bulan Juli 2024.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan hal tersebut dalam perbincangan khusus bersama Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: IKN, Pemicu Kredit Konstruksi Jadi Tiga Terbesar di Kaltim

Menurut Danis, 12 tower tersebut merupakan bagian dari 47 tower apartemen yang disediakan oleh pemerintah bagi ASN yang pindah ke IKN.

Insyaallah, ada 47 tower apartemen. Nanti kesiapannya secara bertahap. Nanti bulan Juli 12 tower, September 21 tower, November sampai Desember sisanya,” ungkap Danis.

Ruang keluarga apartemen ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN)KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Ruang keluarga apartemen ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN)
Sebelum resmi ditempati oleh ASN, apartemen tersebut akan ditempati oleh petugas upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Seperti diketahui, pemerintah berencana menggelar upacara perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN.

Baca juga: Bocoran Interior Istana Negara IKN, Ada 11 Ruang dengan Artwork Nusantara

Danis menambahkan, apartemen yang akan menjadi tempat tinggal ASN dirancang setinggi 12 lantai dengan masing-masing lantai berisi 5 unit apartemen.

Dengan demikian, dalam satu tower terdapat 60 unit apartemen. Dan masing-masing unit apartemen didesain seluas 98 meter persegi yang terdiri dari 3 kamar tidur, dua kamar mandi, satu ruang makan, dapur, ruang keluarga, dan ruang cuci.

Ruang tamu apartemen ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN)KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Ruang tamu apartemen ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN)
Desain Modern

Kompas.com berkesempatan meninjau langsung pembangunan Apartemen ASN 1 dan Apartemen ASN 4 yang masing-masing dikerjakan oleh pelaksana konstruksi PT PP (Persero) Tbk dan PT Brantas Abipraya.

Baca juga: Karena IKN, Seat Penerbangan ke Balikpapan Susah Didapat

Di Apartemen ASN 1, langgam desain yang diterapkan adalah modern minimalis, dengan dominasi warna pastel krem, putih, dan aksen coklat muda.

Terdapat ruang tamu yang sekaligus berfungsi sebagai ruang keluarga dengan sofa dua dudukan (seater) berwarna abu-abu muda, dan single seater berwarna putih berkelir coklat.

Interior ruang kerja apartemen ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN)KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Interior ruang kerja apartemen ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN)
Televisi layar datar menjadi focal point dari ruang keluarga ini, ditempatkan di atas meja multiguna.

Kamar tidur utama berisi tempat tidur ukuran king size yang dilengkapi dengan nakas kembar di sisi kiri dan kanan, berikut lampu tidur yang bisa diatur posisinya.

Baca juga: 50 Calon Investor Malaysia Boyongan ke IKN, 4 Berminat

Sementara dua kamar tidur lainnya dirancang untuk anak-anak, yang juga bernuansa warna-warna kalem menenangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com