Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Calon Investor Malaysia Boyongan ke IKN, 4 Berminat

Kompas.com - 01/05/2024, 14:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur memboyong 50 pengusaha atau calon investor Malaysia ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (30/4/2024).

Kunjungan para calon investor itu menjadi kegiatan site visit delegasi asing pertama setelah penyampaian hasil resmi Pemilu 2024.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono mengatakan, kunjungan ini merefleksikan kepercayaan atas kelanjutan peluang investasi di IKN.

Baca juga: Ada IKN, Sandiaga Tambah Anggaran Parekraf Kaltim Jadi Rp 7,5 Triliun

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Malaysia-Indonesia Business Council (MIBC), Perbadanan Kemajuan Iktisad Negeri Kelantan (PKINK), Tenaga Nasional Berhad (TNB), Sunway Construction Sdn Bhd, dan Kenanga Investment Bank Berhad menjadi bagian delegasi yang hadir dalam kunjungan yang dipimpin langsung oleh Hermono.

Dari total jumlah delegasi tersebut, menghasilkan empat surat minat atau Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani oleh Citadel Group, Ranhill SAJ Sdn Bhd, Samaiden Sdn Bhd, dan Seven Seasons Preservation Sdn Bhd.

Dengan demikian, hingga saat ini sudah terdapat 25 LoI yang diterima oleh Otorita IKN dari pengusaha atau calon investor Malaysia.

Baca juga: Sandiaga Sebut Umrah dan Haji Peluang Usaha Kreatif Santri di Penyangga IKN

"Kunjungan ke IKN kali ini, merupakan rangkaian diplomasi ekonomi yang terus didorong oleh KBRI Kuala Lumpur sejak awal, khususnya dalam mempromosikan IKN," ujar Hermono, dikutip dari Antara, Rabu (1/5/2024).

Pada pertengahan November 2022, KBRI Kuala Lumpur telah memprakarsai roundtable discussion on IKN dengan menghadirkan Kepala OIKN Bambang Susantono.

Selanjutnya, pada akhir November 2022, KBRI Kuala Lumpur berkolaborasi dengan Kementerian Investasi, Perdagangan dan Industri (MITI) Malaysia menyelenggarakan townhall discussion mengenai IKN di Kuala Lumpur yang menghadirkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai pembicara utama.

Baca juga: Sandiaga Pastikan Hotel Nusantara dan Qubika Siap Digunakan Saat HUT ke-79 RI

Pada saat kunjungan Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim ke Jakarta pada 8 Januari 2023 lalu, juga telah diserahkan 11 LoI dari Menteri MITI Malaysia kepada Kepala Otorita IKN.

"Semua kegiatan ini merefleksikan antusiasme dan komitmen pengusaha Malaysia untuk turut membangun IKN," tuntas Hermono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com