Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol IKN Seksi Bandara Sepinggan-Balsam 100 Persen Disetujui Masyarakat

Kompas.com - 05/07/2024, 10:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Proyek Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) Seksi 1 yang menghubungkan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan dan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) diklaim telah disetujui masyarakat.

Kepala Biro Pemerintahan, Perbatasan dan Otonomi Daerah (PPOD) Setdaprov Kaltim Siti Sugianti mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, Kamis (4/7/2024).

Menurut Siti, sebelumnya pertemuan dan konsultansi publik dengan masyarakat sudah digelar dua kali.

Pertemuan ini melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakay (PUPR), Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Kota Balikpapan, akademisi, lembaga swasdaya masyarakat, dan masyarakat.

Baca juga: Ini Rute yang Dilalui Tamu VIP, VVIP, dan Undangan HUT ke-79 RI di IKN

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas lahan sebanyak 250 bidang sudah siap untuk ditetapkan dalam penentuan lokasi (penlok).

"Panjang jalan tol ini 7,6 kilometer. Penlok sedang diproses, dan kami sudah dua kali pertemuan. Ada pertemuan lanjutan dengan Kementerian PUPR lahan yang sudah siap dipenlok dan tidak bermasalah 250 bidang," ungkap Siti.

Penlok ini akan dilakukan secara bertahap sebanyak dua sesi.

Namun demikian, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menegaskan, hal penting dari langkah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam pengadaan lahan ini adalah persetujuan masyarakat.

"Uang Ganti Kerugian (UGK) sudah dipersiapkan oleh Pemerintah Pusat. Kami memastikan persetujuan masyarakat. Setelah melalui proses komunikasi, mereka tidak ada yang menolak. Alhamdulillah 100 persen mendukung," tambah Akmal.

Baca juga: Jelang HUT RI di IKN: Dubes Negara Sahabat Diinapkan di Dua Hotel Balikpapan

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga menargetkan Tol IKN Seksi 1 Bandara SAMS Sepinggan-Tol Balsam ini rampung pada 2025.

"Kalau mungkin, 2025," kata Danis.

Jalan Tol IKN Seksi 1 Bandara Sepinggan-Tol Balsam ini masuk ke dalam tahapan pembangunan IKN Batch 3.

Saat ini, jalan bebas hambatan berbayar itersebut tengah dilelang dengan nilai sebesar Rp 3,8 triliun yang dibangun dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024-2025.

Baca juga: Duplikat Bendera Pusaka Dibawa Ke IKN Tanggal 10 Agustus 2024

Pembangunan dilaksanakan selama 510 hari kalender. Proyek tersebut sebelumnya telah dilelang pada awal bulan Juni 2024, namun gagal.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com