Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2024, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, progres pembebasan lahan untuk proyek infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah tembus 80 persen.

Artinya, lahan proyek infrastruktur IKN yang masih harus dibebaskan hanya tersisa sekitar 20 persen.

"Ada 21 paket pengadaan tanah, 10 sudah tuntas dan dua sedang proses delivery-nya. Sedangkan 11 itu masih tersisa tapi sudah 80 persen, sudah tuntas juga. Masih ada memang 20 persen yang perlu dikawal dengan baik," ucap AHY dalam kunjungannya ke IKN, Rabu (28/2/2024).

Oleh karena itu, AHY menargetkan bisa menuntaskan pembebasan lahan proyek IKN dalam 100 hari kerjanya.

"Harapannya, 100 hari kerja Menteri ATR yang baru ini bisa kita tuntaskan dan mudah-mudahan itu semua bisa mendukung secara penuh pengembangan kawasan," harap AHY.

Selain itu, AHY menyebut ada sembilan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di IKN yang sudah dituntaskan.

Baca juga: Duplikasi Jembatan Pulau Balang IKN Dilelang, Tembus Rp 930 Miliar

Dengan RDTR, Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) bisa diterbitkan oleh Kementerian ATR/BPN. Adapun KKPR adalah dokumen yang digunakan untuk pengurusan izin investasi.

"Justru sekarang kita fokus kepada investasi, karena kekuatan utama dari pembangunan mahakarya seperti ini tentu di investasi. Kita tidak ingin habis-habisan dari APBN tentunya, tetapi dengan investasi yang kita alirkan baik dari dalam maupun luar negeri," papar AHY.

Sebagai informasi, perjalanan dinas AHY ke IKN dilakukan untuk persiapan agenda groundbreaking proyek garapan investor publik yang rencananya akan digelar pada Kamis (29/2/2024) hingga Jumat (1/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com