Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2024, 15:14 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada H+3 Hari Raya Lebaran 1445 H atau Sabtu (13/4/2023), Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) mencatat terjadi peningkatan volume lalu lintas di beberapa ruas tol luar Pulau Jawa.

Salah satu ruas jalan tol di luar Jawa yang mengalami peningkatan jumlah kendaraan secara signifikan adalah di ruas penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) yakni Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam).

Tercatat sebanyak 21.649 kendaraan melintas di hari tersebut atau meningkat 104,2 persen jika dibandingkan lalu lintas harian normal 2024 yaitu sebanyak 10.601 kendaraan.

Baca juga: Lalin di Tol Jagorawi Padat, Akses Keluar Puncak Bogor Ditutup Sementara

Sementara itu, di ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi tercatat 21.308 kendaraan melintas. Jumlahnya naik 56,4 persen dibandingkan lalu lintas harian normal 2024 sejumlah 13.628 kendaraan.

Untuk Ruas Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, tercatat sebanyak 47.031 kendaraan melintas, atau meningkat 8,6 persen dibandingkan harian normal 2024 sebanyak 43,306 kendaraan.

Senior General Manager JNT, Truly Nawangsasi mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur panjang Lebaran dengan baik.

 

“Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima. Pastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan saldo uang elektronik serta patuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan,” jelasnya.

Jika lelah berkendara, pengendara diimbau untuk beristirahat di rest area terdekat dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia seperti masjid, toilet, tenant makanan dan lain sebagainya.

Baca juga: Volume Lalin 2 Ruas Fungsional Tol Trans-Sumatera saat Arus Balik

Pengguna jalan di tol MKTT, dapat beristirahat di rest area yang berada di KM 65 di kedua arah. Sementara untuk pengguna jalan tol Balsam, apat melepas lelah di rest area KM 36 arah Samarinda dan Km 37 arah Balikpapan.

Untuk pengguna jalan di ruas Tol Manado-Bitung dapat memanfaatkan rest area yang berada di KM 17 arah Bitung dan KM 3 arah Manado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com