Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2024, 05:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Pekerjaan fisik proyek Bandara VVIP atau Naratetama di Ibu Kota Nusantara (IKN) menunjukkan progres signifikan.

Memasuki minggu ke-19, telah mencakup beberapa aspek, di antaranya: pekerjaan pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VIP, pekerjaan bored pile, pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VVIP.

Baca juga: Sambut HUT ke-79 RI di IKN, Kodam Mulawarman Kejar Persiapan Sarana dan Prasarana

Kemudian pekerjaan pancang dan erection TC di Gedung ATC, pekerjaan minipile dan pilecap Gedung Peribadatan, pekerjaan minipile di Gedung Bengkel dan lab karantina, serta pekerjaan cut and fill di jalan akses utama, embung, serta jalan perimeter barat.

Alat berat ekskavator tengah mengeruk lahan di area konstruksi Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).Kemenhub Alat berat ekskavator tengah mengeruk lahan di area konstruksi Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).
Sementara untuk rencana pekerjaan pada minggu ke-20, akan dilakukan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai area Terminal VVIP, pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai di Gedung Terminal VIP.

Selanjutnya pekerjaan lanjutan pondasi pancang dan pilecap di Gedung ATC, serta pekerjaan lanjutan cut and fill.

Baca juga: 10-16 Agustus 2024, Paskibraka Latihan di IKN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan optimismenya terkait progres proyek pembangunan Bandara IKN yang sampai saat ini masih sesuai rencana dan dikerjakan dengan baik.

Kondisi proyek Terminal Bandara VVIP, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).Kemenhub Kondisi proyek Terminal Bandara VVIP, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).
“Sejauh ini, progres pembangunan Bandara IKN berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Melihat perkembangannya, saya optimistis bandara ini dapat diujicobakan pada bulan Juli mendatang,” ujar Menhub saat kunjungan lapangan, Selasa (23/4/2024).

Dalam peninjauan tersebut, Menhub mengecek sejumlah lokasi, salah satunya titik yang nantinya akan menjadi runway.

“Tadi saya melihat ada satu pekerjaan soil improvement (perbaikan tanah) di beberapa lokasi runway. Secara garis besar, pengerjaannya sudah bagus,” jelasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjai proyek pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).Kemenhub Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjai proyek pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).
Budi menekankan, pembangunan Bandara IKN dikerjakan dengan sangat serius. Semua pekerja bekerja secara intensif demi memastikan proyek tersebut dapat selesai tepat waktu.

Baca juga: Sambut HUT ke-79 RI, Lanud Dhomber Siapkan Atraksi Pesawat di Udara IKN

Dia pun mengapresiasi para pekerja yang telah menjaga kelestarian alam selama mengerjakan Bandara VVIP IKN.

“Saya juga senang karena pengerjaan bandara ini tetap mempertahankan kehijauan alam sesuai instruksi dari Pak Presiden,” ungkapnya.

Desain Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN)Kemenhub Desain Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN)
Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi berharap agar Bandara VVIP IKN dapat rampung sesuai rencana dan dapat digunakan pada upacara HUT ke-79 RI 17 Agustus mendatang.

“Kami juga berharap bandara ini cepat selesai, Juli selesai. Kemudian, ketika perayaan 17 Agustus sudah ada yang bisa mendarat di sini, membawa Bapak (Menhub) juga,” kata Maria.

Hal ini sebagaimana disampaikan EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Adjib Al Hakim kepada Kompas.com.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com