Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Pembangunan Kantor Mabes Polri di IKN Tembus Rp 1,4 Triliun

Kompas.com - 27/04/2024, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Pembangunan gedung dan kawasan kantor Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di Ibu Kota Nusantara (IKN) segera dimulai.

Berdasarkan data dari laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), proyek ini akan menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 1,4 triliun.

Saat ini, proses tender proyek tersebut masuk dalam tahapan evaluasi dokumen kualifikasi dengan target bisa dilakukan penandatanganan kontrak pada 14 Juni 2024.

Sementara itu, Kurator IKN Ridwan Kamil menyebut, desain Markas Besar (Mabes) Polri di IKN mirip hotel di Nusa Dua, Bali.

"Tidak kayak kantor polisi pak, kayak hotel di Nusa Dua tetapi isinya polisi," ujar Ridwan Kamil dalam Rakornas Otorita IKN (OIKN) di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Selain itu menurutnya, tidak akan ada kantor polisi di seluruh dunia yang se-keren Mabes Polri di IKN.

Baca juga: Bangun Gedung dan Rumah di IKN Bisa Pakai Kayu dan Bambu Rekayasa

"Jadi suasananya menyenangkan, bikin apa, tetapi isinya polisi lagi bekerja melindungi kita. TNI juga sama, semua sama," lanjutnya.

Sebagai informasi, pemerintah akan melakukan pemindahan ibu kota negara dari Kota Jakarta ke IKN secara bertahap mulai tahun 2024.

Oleh karena itu, Upacara Kemerdekaan Indonesia ke-79 akan dilaksanakan secara perdana di IKN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com