Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara VVIP IKN Bakal Melayani Penerbangan Komersial

Kompas.com - 10/05/2024, 20:49 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Bandara VVIP atau naratetama di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal melayani penerbangan komersial.

"Iya kelihatannya begitu (terbuka kemungkinan Bandara VVIP IKN digunakan untuk penerbangan komersial pada kemudian hari)," kata Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/5/2024).

Sementara pada awal pengoperasiannya, Bandara VVIP IKN hanya akan melayani penerbangan untuk keperluan pemerintahan di IKN.

Hal ini merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara Very Very Important Person untuk Mendukung Ibu Kota Nusantara.

Tertulis dalam Pasal 2 Perpres tersebut, Bandara VVIP merupakan bandar udara khusus yang digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN.

Bandara VVIP IKN ditargetkan bisa digunakan pada 17 Agustus 2024 mendatang, dalam rangka mendukung rangkaian acara Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Karpet Merah Buat Investor di IKN, Bisa Dapat HGB hingga 160 Tahun

Danis menjelaskan, panjang runway Bandara VVIP IKN adalah 3.000 meter. Sedangkan ditargetkan pada Agustus 2024, sepanjang 2.200 meter runway siap dilintasi pesawat.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam kunjungannya ke IKN, Selasa (7/5/2024) mengatakan pembangunan Bandara VVIP IKN ditargetkan rampung pada tahun 2025.

"Airport akan bisa didarati dan bisa mengakomodasi tiga pesawat untuk sampai tanggal 17 Agustus (2024), tapi untuk selesai kira-kira satu tahun lagi selesai," jelasnya, dikutip dari keterangan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com