Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Kapolda Kaltim pada HUT ke-78 Bhayangkara: Optimalkan Pengamanan Relokasi IKN

Kompas.com - 01/07/2024, 19:39 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingat HUT ke-78 Bhayangkara, Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) menggelar upacara di Halaman Mapolda Kaltim, Senin (1/7/2024).

Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto menyampaikan enam amanat yang harus dilakukan oleh seluruh jajaran personel Polda Kaltim.

Satu di antaranya adalah mengoptimalkan peran dan tanggung jawab dalam pengamanan pembangunan dan proses pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Mengintip Interior Kantor Presiden di IKN, Ada Bung Karno Berkostum Putih

Tak hanya itu, juga pengamanan sisa tahapan Pemilu 2024, tahapan Pilkada serentak 2024, dan antisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Sementara lima amanat lainnya adalah memegang teguh komitmen dan pengabdian sebagai penjaga Pancasila dan NKRI.

Kemudian senantiasa menjaga kehormatan institusi, serta menanamkan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya dalam tindakan dan ucapan.

Selanjutnya, mewujdukan sosok Polri yang semakin presisi, siap melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Terus bersemangat meningkatkan kapasitas diri, serta berinovasi, beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Baca juga: Tol IKN Ruas Bandara SAMS Sepinggan-Balsam Rp 3,8 Triliun Dilelang

Berikutnya menjaga kekompakan dan solidaritas, serta membangun sinergi dengan rekan-rekan TNI dan seluruh pihak hingga kesatuan terbawah dalam menjaga sinergitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sebelum upacara berlangsung, Kapolda Kaltim menerima kue ulang tahun dari Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo kemudian dilanjutkan dengan prosesi potong tumpeng sebagai simbol rasa syukur dan penghormatan atas usia Polri yang ke-78.

Selain itu, dalam rangkaian acara tersebut Kapolda Kaltim juga menyematkan tanda kehormatan kepada personel Polri yang berprestasi.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Artanto menambahkan, dengan tema HUT tahun ini "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas," Polri siap bekerja sama dengan semua institusi dan stakeholder.

"Harapannya, kami dapat terus melayani secara maksimal dan kita terbuka terhadap masukan dan kritik dari masyarakat," ujar Artanto.

Baca juga: Mengintip Interior Kantor Presiden di IKN, Ada Bung Karno Berkostum Putih

Polri tidak hanya sebagai institusi penegak hukum, tetapi juga mitra penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Dengan sinergi yang baik antara Polri dan semua pihak terkait, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman untuk pelaksanaan pesta demokrasi berjalan lancar dan aman," tuntas Artanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com