Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2024, 07:29 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kecelakaan kendaraan minibus dengan Nomor Polisi (Nopol) KT 1792 YH di KM 77+000 A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Rabu (3/4/2024), diduga terjadi akibat pengemudi mengantuk.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda, Muhammad Taufiq mengungkapkan
berdasarkan kronologis kejadian, kendaraan jenis minibus KT 1792 YH melaju di lajur 1 dari arah Balikpapan menuju Samarinda.

Setibanya di KM 77+000 A, pengemudi yang diduga mengantuk kehilangan kendali sehingga menabrak bagian belakang sebelah kanan kendaraan truk dengan Nopol N 9618 CL yang sedang melaju di lajur 1.

Baca juga: Jadi Bagian dari Wajah IKN, Tol Balsam Masih Perlu Banyak Penghijauan

“Posisi akhir kendaraan minibus berhenti di lajur 1 dan kendaraan truk menepikan kendaraan di bahu luar. Dalam kejadian ini terdapat seorang penumpang minibus meninggal dunia,” ungkap Muhammad.

Menurutnya, pasca kejadiaan, petugas Jasa Marga langsung melakukan penanganan kecelakaan bersama dengan petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dan Kepolisian Sektor Palaran.

Selama penanganan dilakukan penutupan sementara lajur 1 dan bahu luar untuk proses olah TKP dan evakuasi kendaraan.


“Proses penanganan lebih kurang selama 56 menit sampai dengan pukul 11:04 WITA, penanganan telah selesai dilakukan dan lajur 1 serta bahu jalan kembali normal,” jelasnya.

Agar keselamatan tetap terjaga, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima.

Baca juga: Ingin Mudik via Tol Balikpapan-Samarinda? Ini Daftar Rest Area yang Bisa Disinggahi

“Apabila sudah terasa mengantuk agar beristirahat sebentar di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) dan tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan batas kecepatan,” tandas Muhammad.

Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, X @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com