Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2024, 14:38 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan 300 hingga 400 UMKM untuk dihadirkan dalam perhelatan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memastikan hal itu usai menghadiri acara Bedah Desain Kemasan (Bedakan) di Balikpapan, Selasa (30/4/2024).

Baca juga: Sistem Pertahanan dan Keamanan di IKN Gunakan Kecerdasan Buatan AI

"Kami all out, karena sudah ditunjuk menjadi penanggung jawab atau person in charge (PIC) perayaan HUT Kemerdekaan pertama di IKN. Kami persiapkan dengan baik, dan semoga berlangsung lancar," tutur Sandiaga.

Menurutnya, persiapan harus dilakukan dengan baik karena perayaan 17 Agustusan tahun ini merupakan kali pertama dilangsungkan di IKN, dan sekaligus perpisahan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada sekitar 6.000 orang yang akan menghadiri upacara 17 Agustusan ini. Dan merupakan peluang bagi UMKM.

"Minimal kami akan menghadirkan 300-400 UMKM dari subsektor kuliner, kriya, desain dan fashion. Mereka harus hadir, sayang kalau melewatkan peluang ini dan tidak terfasilitasi dengan baik," tambah Sandiaga.

Baca juga: Investor Asing di IKN Masuk Klaster Kedua

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan, para UMKM yang dihadirkan ini sudah melalui proses seleksi, kurasi, dan pelatihan terkait peningkatan kualitas produk dan kemasan yang diselenggarakan oleh BIG Indoensia, Otorita IKN, dan Kemenparekraf sendiri.

Sementara untuk subsektor seni pertujukan, pihaknya telah memiliki program yang merupakan bagian dari Kota dan Kabupaten kreatif.

Seni pertunjukan, imbuh Sandiaga, harus dihadirkan saat upacara peringatan HUT ke-79 nanti, karena akan ada banyak tamu yang datang.

"Kami memperkuat ekosistem pelatihan untuk subsektor pertunjukan seni. Selain itu juga ada pelatihan aplikasi permainan, TV, dan radio," ucap Sandiaga.

50 UMKM Ikut Bedah Desain Kemasan

Tak hanya dalam rangka peringatan 17 Agustusan, Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Produk Digital dan Ekonomi Kreatif juga terus mendukung pengembangan ekonomi kreatif di IKN dan sekitarnya secara berkala melalui kegiatan Bedah Desain Kemasan (Bedakan).

Baca juga: Bocoran Info dari Bahlil: Djarum dan Wings Masuk IKN Tahun Ini

Sandiaga pun mengajak para pihak yang terlibat pada Bedakan Batch 17 ini untuk berkolaborasi secara pentahelix dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Sandi menekankan, kolaborasi selalu menjadi kunci kemajuan ekonomi kreatif. Banyak produk kreatif menjadi semakin unik, unggul, dan berdaya saing bahkan hingga ke tingkat global berkat adanya kolaborasi, baik kolaborasi multisubsektor maupun kolaborasi multistakeholders.

"Ini yang akan selalu kami dorong," ujar Sandiaga. 

Pada proses kurasi yang diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 30 April-1 Mei 2024, hadir 50 UMKM pelaku ekraf binaan Otorita IKN.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com