Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Pertahanan dan Keamanan di IKN Gunakan Kecerdasan Buatan AI

Kompas.com - 30/04/2024, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal memakai sistem pertahanan dan keamanan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terpusat di One Signal Network.

Terkait hal ini, Badan Intelijen Negara (BIN) menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dengan Otorita IKN (OIKN).

Sekretaris Utama BIN Bambang Sunarwibowo menyoroti pentingnya sinergi antara IKN dan BIN dalam menghadapi dinamika keamanan yang semakin kompleks di tingkat regional maupun global.

"Kerja sama yang erat antara IKN dan BIN sangat vital dalam menghadapi ancaman yang berkembang, mulai dari keamanan konvensional hingga ancaman siber," ujar Bambang dalam Sosialisasi Perkembangan dan Perencanaan IKN di Gedung Soekarno Hatta, Kantor BIN, Jakarta pada Senin (29/04/2024), dikutip dari keterangan resmi.

Sementara Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya menyampaikan, visi IKN sebagai pusat pemerintahan yang aman, modern, dan berkelanjutan.

"Sistem pertahanan dan keamanan dibangun melalui Sishankamrata yang mengintegrasikan berbagai aspek pertahanan militer dan non-militer, yang selaras dengan diplomasi dan didukung oleh pertahanan cerdas yang sedang dikembangkan oleh Kementerian Pertahanan," papar Jaka.

Baca juga: Investor Asing di IKN Masuk Klaster Kedua

Sedangkan, konsep smart security yang telah dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) Pertahanan dan Keamanan IKN pada Oktober 2023 menjadi landasan penting dalam penyusunan strategi keamanan cerdas di IKN.

"Kami telah mengintegrasikan konsep smart security ini dengan kebijakan dan program yang sedang berjalan, termasuk dengan pihak-pihak terkait seperti BIN dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di IKN," tegas Jaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com