Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Resmikan Pembangunan Al Azhar Summarecon Nusantara Senilai Rp 200 Miliar

Kompas.com - 04/06/2024, 20:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dimulainya pembangunan Sekolah Islam Terpadu Al Azhar Summarecon Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).

Presiden mengatakan, peran sektor pendidikan yang vital, terlebih IKN sebagai kota yang cerdas dan hijau perlu memiliki pendidikan dengan kapabilitas tersebut.

“Fasilitas pendidikan sangat diperlukan di berbagai jenjang, karena nantinya ketika fasilitas-fasilitas sudah ada di Nusantara maka akan menarik bentuk investasi-investasi lain di IKN,” ucap Presiden.

Baca juga: Universitas Pertama di IKN Resmi Dibangun

Dia pun mengapresiasi desain bangunan kompleks Sekolah Islam Terpadu Al Azhar Summarecon Nusantara dengan rancangan yang menyatu dengan alam, serta penggunaan teknologi mutakhir dalam pembelajarannya.

Untuk merealisasikan pembangunan fasilitas pendidikan dari jenjang SD, SMP, dan SMA ini PT Summarecon Agung Tbk merogoh investasi senilai Rp 200 miliar.

Sekolah seluas 2,9 hektar ini akan menjadi bangunan modern berwawasan lingkungan yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga, laboratorium dan gedung serbaguna.

Bangunan sekolah mengambil konsep rumah panggung dengan interior bangunan mengusung konsep berkelanjutan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dimulainya pembangunan Sekolah Islam Terpadu Al Azhar Summarecon Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dimulainya pembangunan Sekolah Islam Terpadu Al Azhar Summarecon Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).
Selain itu, Masjid Al Azhar Summarecon Nusantara juga akan dibangun sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan Islam di Sekolah Islam Terpadu Al Azhar Summarecon Nusantara dan nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum di IKN.

Menteri PUPR sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mengatakan, fasilitas pendidikan merupakan fasilitas penting yang dibutuhkan di IKN.

Kehadiran Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara akan menambah ketersediaan pendidikan berkualitas.

Baca juga: Capai Emisi Nol di IKN, Pemerintah Siapkan Angkutan Antarmoda di Kawasan Penyangga

"Bersama dengan fasilitas pendidikan lainnya, diharapkan akan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum sehingga perkembangan dan mutu pendidikan di IKN dapat tumbuh dengan pesat," urai Basuki.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P. Adhi menambahkan, Tahap I Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara yang menjadi sekolah ke-5 ini akan segera memulai pembangunannya dan diharapkan kegiatan belajar mengajar akan dimulai pada tahun ajaran 2025/2026.

"Setelah itu pembangunan tahap 2 segera dimulai untuk memulai kegiatan belajar mengajar tahun 2026/2027," ujar Adrianto.

Kegiatan pembangunan Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara berada di area Sub Zona Sarana Pelayanan Umum (SPU) 1 IKN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com