Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Sepaku Semoi, Tempat Wisata Baru di Kaltim

Kompas.com - 04/06/2024, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kini memiliki destinasi wisata baru yang bisa dikunjungi masyarakat.

Tempat wisata itu bernama Bendungan Sepaku Semoi yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (4/6/2024).

Selain berfungsi sebagai pemasok air baku di Ibu Kota Nusantara (IKN), bendungan ini memiliki keindahan lanskap dan fasilitas pendukung sebagai destinasi wisata.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, kawasan Bendungan Sepaku Semoi dilengkapi anjungan, menara pandang, plaza, ruang pertemuan, mushola, taman, toilet, serta helipad.

Baca juga: Pemerintah Raih Kesepakatan Pendanaan Proyek Air Bersih di IKN dan Banten

Bedungan Sepaku Semoi, Ibu Kota Nusantara (IKN)KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Bedungan Sepaku Semoi, Ibu Kota Nusantara (IKN)
Sebagai informasi, infrastruktur sumber daya air yang menelan investasi Rp 836 miliar ini selesai dibangun dan telah dilakukan pengisian air atau impounding sejak tahun lalu.

Bendungan Sepaku Semoi dirancang dengan kapasitas tampung 16 juta meter kubik dan luas genangan 323 hektar.

Pemanfaatan air bakunya meliputi 2.000 liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik yang dialokasikan untuk Balikpapan.

Area Bendungan Sepaku Semoi di IKN.Kompas.com/Hilda B Alexander Area Bendungan Sepaku Semoi di IKN.
Selain sebagai penyedia air baku, Bendungan Sepaku Semoi juga berfungsi sebagai pengendali banjir, utamanya di daerah hilir yang kerap mengalami masalah ini.

Baca juga: Rangkap Jabatan, Raja Juli Ditunjuk Jokowi Jadi Plt Wakil Kepala Otorita IKN

Bendungan Sepaku Semoi juga diharapkan bisa menjadi sumber daya listrik. Rencananya, bendungan akan dilengkapi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung berkapasitas 100 megawatt (MW).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com