Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nusantara Fair 2024 Digelar 3 Hari, Ada "Showcase" Teknologi, Konservasi, dan Budaya

Nusantara Fair bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat, terutama generasi muda di Jakarta dan sekitarnya, mengenai visi dan gambaran ibu kota baru yang saat ini tengah dalam tahap pembangunan.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, Nusantara Fair 2024 sebagai wadah informasi bahwa pembangunannya senantiasa melibatkan berbagai komponen masyarakat termasuk di sekitar IKN.

“Tagline kami ‘Nusantara adalah kita, kita adalah Nusantara’, jadi kami ingin mengajak sosialisasi, banyak yang belum mengerti apa itu IKN Nusantara, bagaimana akan dibangun, bagaimana kita akan membangun Indonesia sentris ke depannya, tidak lagi Jawa sentris,” kata Bambang saat pembukaan Nusantara Fair 2024 di lokasi, Jumat (26/1/2024).

Tak hanya itu, ia menyebut pentingnya sosialisasi karena tujuan IKN sebagai kota baru yang akan dihuni oleh para generasi muda pada 2045 mendatang.

“Bagaimana nanti 2045 ini teman-teman yang di sini, yang muda-muda yang akan menjadi penghuni IKN, IKN tu asyik lho," imbuh Bambang.

Pameran Nusantara Fair menjadi wadah informasi seputar konsep hunian kota maju berbasis teknologi digital dan hijau.

“Pameran ini dirancang untuk menyampaikan informasi secara populer dan menyenangkan melalui berbagai kreasi seni dan teknologi sehingga diharapkan mudah dipahami oleh masyarakat terutama oleh orang muda. Kami berharap acara ini dapat menjadi sarana informasi dan komunikasi yang inspiratif dan edukatif bagi semua pengunjung,” imbuhnya.

Melalui pameran dan kegiatan edukatif, acara ini juga mengajak masyarakat untuk menjelajahi kekayaan budaya, inovasi, dan potensi yang dimiliki oleh Nusantara sebagai ibu kota baru.

Ia mengungkapkan, pengunjung bisa mengetahui lokasi, fasilitas, dan berbagai informasi mengenai cara berinvestasi, tentang konservasi dan lingkungan, UMKM, serta teknologi di kota baru tersebut. Bahkan tersedia maket Ibu Kota Nusantara dan ragam foto kegiatan di Nusantara.

Kolaborasi ini, kata Bambang, bertujuan untuk mendukung proses pembangunan dan pengembangan ibu kota baru.

Selama tiga hari acara, pengunjung dapat mengikuti aneka agenda menarik, seperti pameran, showcase teknologi di IKN, hingga berbagai talkshow menarik dengan tema berbeda setiap harinya.

Tak hanya memberikan wawasan tentang perkembangan ibu kota baru, agenda yang diselenggarakan hingga hari Minggu (28/1/2024) ini juga dimeriahkan oleh penampilan musisi RAN serta berbagai artis ternama seperti Isyana Sarasvati, Andien, dan Diskoria.

https://ikn.kompas.com/read/2024/01/27/082627987/nusantara-fair-2024-digelar-3-hari-ada-showcase-teknologi-konservasi-dan-budaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke