Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menengok TPS Khusus Pekerja IKN di Desa Bumi Harapan Sepaku

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, meskipun pengaturan teknis Pemilu 2024 di kawasan Nusantara tetap menjadi ranah kerja KPU Kabupaten PPU dan Pemerintah Kabupaten PPU, peran Otorita IKN tetap dibutuhkan sebagai fasilitator bagi para pekerja di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang akan menggunakan hak pilihnya saat pencoblosan.

"Kami (Otorita IKN) mendorong kepada para pekerja yang berasal dari luar Kalimantan ingin menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum 2024," ujar Bambang.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bambang melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilu di wilayah pembangunan Nusantara pada Selasa (13/2/2024).

Penyelenggaraan pemilihan umum di IKN, akan dilaksanakan Rabu pada tanggal 14 Februari 2024.

Ia berharap partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan dapat berjalan sukses dan demokratis.

Kompas.com berkesempatan menyambangi TPS Khusus 901 dan 902 di Rest Area IKN, Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Tampak sejumlah petugas tengah menjaga logistik kotak suara bersegel yang berjejer rapi di atas meja setinggi 60-70 cm yang dinaungi tenda besi berterpal biru.

Spanduk "Selamat Datang di TPS Lokasi Khusus 902" menyambut kedatangan kami. Spanduk serupa juga menghiasi TPS 901.

Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Bumi Harapan Bambang Cahyono menuturkan, persiapan yang dilakukan untuk mendirikan dua TPS Khusus tambahan pekerja konstruksi IKN ini berjalan mulus, lancar, dan tanpa hambatan.

"Kami malah saling bersinergi, saling mendukung antara PPS Desa, Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), dan KPU Kabupaten PPU," ungkap Bambang.

Menurut Bambang, di dua TPS ini terdapat 323 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Rinciannya sebanyak 203 DPT di TPS 901 dan 120 DPT di TPS 902.

Sementara secara total, terdapat 1.954 DPT di Desa Bumi Harapan yang mencakup 1.141 pemilih laki-laki, dan 813 pemilih perempuan.

"Pemungutan suara akan berlangsung mulai pukul 07.00 hingga pukul 12.00 WITA. Kami akan bersiap-siap sejak pukul 05.00 WITA pagi," tuntas Bambang.

https://ikn.kompas.com/read/2024/02/13/220534187/menengok-tps-khusus-pekerja-ikn-di-desa-bumi-harapan-sepaku

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke