Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut Kunjungan Jokowi di IKN, BPPW Kaltim Bikin Hujan Buatan

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur (Kaltim) Rozali Indra Saputra menuturkan, kunjungan kerja Jokowi ke IKN dilakukan hampir setiap bulan untuk monitoring proyek-proyek infrastruktur garapan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Oleh karena itulah, kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Terutama terkait pembangunan infrastruktur yang akan dikunjungi Pak Presiden," tutur Indra kepada Kompas.com, Selasa (27/2/2024).

Infrastruktur dasar yang akan dikunjungi Jokowi adalah Sumbu Kebangsaan, Kantor Presiden, Istana Negara, dan Lapangan Upacara. 

Selain itu, presiden juga dijadwalkan meninjau Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM). 

"Dengan demikian kami harus mempersiapkan kediaman presiden. Mungkin Maret mulai dibangun, dan Juli 2024 ditargetkan tuntas," ucapnya.

Hujan buatan

Dalam persiapan menyambut kunjungan Presiden Jokowi ini, BPPW Kaltim bekerja sama dengan Pangkalan Udara Dhomber Kota Balikpapan dan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membuat hujan buatan.

"Beberapa hari lalu, kami menabur garam di udara untuk membuat hujan buatan. Dan alhamdulillah tiga hari lalu hujan. Udara dan permukaan infrastruktur yang kami bangun jadi lebih bersih dari debu dan ceceran material konstruksi," ungkap Indra.

Tabur garam ini dilakukan tak hanya di area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), melainkan juga di sepanjang Jalan Negara, Jalan Lingkar Sepaku, embung dan Bendungan Sepaku Semoi, agar saat kedatangan presiden tidak terlalu banyak debu beterbangan.

https://ikn.kompas.com/read/2024/02/27/134941887/sambut-kunjungan-jokowi-di-ikn-bppw-kaltim-bikin-hujan-buatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke