Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank Mandiri, BNI, dan BRI Resmi Ramaikan Nusantara

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan groundbreaking kantor 3 bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (29/2/2024).

Ketiga proyek tersebut, yakni Kantor Mandiri Digital Services, Gedung BNI, dan Gedung BRI International Microfinance Center.

Total investasi proyek-proyek pada groundbreaking tahap lima akan mencapai Rp 2,1 triliun, termasuk di dalamnya 3 proyek gedung bank BUMN tersebut.

"Infrastruktur perbankan yang baik akan mendukung kemajuan Nusantara, sehingga nantinya akan mendatangkan talent-talent digital nomads terbaik," ujar Jokowi, dikutip dari keterangan resmi.

Sebelumnya, Bank Mandiri telah menandatangani nota kesepahaman layanan jasa perbankan dan kerjasama penerbitan kartu kredit pemerintah dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) pada pertengahan 2023, mencakup pembayaran payroll dan e-Money Co-branding sebagai Kartu Identitas Pegawai OIKN.

Kemudian untuk Gedung BNI akan mengusung konsep menyatu dengan alam, menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, dengan desain yang merespons kontur tanah, sungai yang mengalir, dan vegetasi alami di sekitarnya.

Tahap I pembangunan ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2026, mencakup digital branch dan ATM Drive Thru dengan investasi Rp 87 miliar.

"Tansformasi ekonomi di Nusantara harus bisa mendorong kita semua untuk bertransformasi dari ekonomi konvensional menuju ekonomi baru, ekonomi digital," kata Jokowi pada groundbreaking Gedung BNI.

Sementara Gedung BRI International Microfinance Center akan mencakup berbagai fasilitas, termasuk BRI Office Nusantara, BRI Microfinance Gallery, dan BRI Community Hub yang nantinya juga akan menyediakan layanan konsultasi, pelatihan, dan pendanaan yang terjangkau bagi para pelaku UMKM.

"Saya mengapresiasi BRI yang telah memberikan kemudahan bertransaksi khususnya bagi UMKM, semoga semangat itu bisa dibawa ke sini," tutur Jokowi.

https://ikn.kompas.com/read/2024/02/29/170046787/bank-mandiri-bni-dan-bri-resmi-ramaikan-nusantara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke