Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Kondisi Terkini Bandara VVIP IKN, Yakin 1 Agustus Beroperasi?

Optimisme terbaru dilontarkan Budi saat mengecek progres pembangunan infrastruktur konektivitas udara tersebut pada Senin (3/6/2024) atau pekan ke-25.

“Insya Allah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti,” kata Menhub.

Keyakinan serupa dikemukakan Kepala Badan Bank Tanah (BBT) Parman Nataatmadja kepada Kompas.com, Selasa (11/6/2024).

Hal ini menyusul persetujuan Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Ketua Komite BBT terhadap penambahan luasan Bandara VVIP IKN.

Perluasan ini juga sebagai bentuk komitmen BBT untuk terus mendukung akselerasi konektivitas IKN.

Dukungan penuh BBT terhadap pengembangan dan pengoperasian Bandara VVIP di IKN, telah diamanatkan dalam Perpres 31 Tahun 2023 tentang percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara VVIP IKN untuk Mendukung Ibu Kota Nusantara.

“Kami mendukung sepenuhnya agar bandara ini bisa segera dirasakan oleh semua pihak dan tentunya agar pembangunannya berjalan sesuai timeline sehingga dapat mendukung mobilitas dari dan menuju ke IKN,” tutur Parman.

Kemudian seluas 50 hektar akan dimanfaatkan sebagai lahan untuk instansi pemerintah dalam rangka pengamanan Bandara VVIP IKN.

Selanjutnya, seluas 150,58 hektar untuk area penunjang kegiatan bandar udara seperti ruang terbuka hijau, fasilitas perbengkelan pesawat, dan lain-lain.

Parman optimistis kehadiran Bandara VVIP yang ada di HPL Badan Bank Tanah akan meningkatkan daya saing IKN dan wilayah yang ada di sekitarnya.

Kompas.com berkesempatan melihat dari dekat pembangunan fisik Bandara VVIP IKN. Tampak gedung Terminal VVIP dan VIP yang dikerjakan Kementerian Perhubungan masih dalam tahapan konstruksi struktur.

Sedangkan landasan pacu yang merupakan domain Kementerian PUPR masih dalam konsolidasi lahan di beberapa bagian, dan di sisi lain dalam tahap pemadatan.

Direncanakan pembangunan landasan pacu yang dapat digunakan untuk mendukung HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 sepanjang 2.200 meter, dan tuntas 3.000 meter pada akhir Desember 2024

Hingga pekan ke-26, pembangunan Bandara VVIP ini mencakup beberapa aspek, yakni pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP.

Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina; pekerjaan minipile bangunan power house; pekerjaan cut & fill, dan galian U-ditch, geotextile.

Kemudian agregat di Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Barat; pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP; serta pekerjaan pondasi rumah dinas.

https://ikn.kompas.com/read/2024/06/12/060000587/melihat-kondisi-terkini-bandara-vvip-ikn-yakin-1-agustus-beroperasi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke