Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengintip Interior Kantor Presiden di IKN, Ada "Bung Karno" Berkostum Putih

Hal ini menyusul pekerjaan konstruksi fisik tutup atap atau topping off  Kepala Garuda Kantor Presiden yang resmi dipasang tepat pada pukul 00.00 Wita, Sabtu (29/6/2024).

Bilah Kepala Garuda dengan panjang empat hingga 16 meter yang terbuat dari baja tahan korosi ini menutup atap struktur Kantor Presiden yang telah dibangun dengan akselerasi tinggi.

Bilah selubung ini berjumlah total 4.661 unit yang terbagi atas 16 segmen yang dikerjakan selama 15 bulan.

Bilah selubung terdiri dari sayap kiri (timur), dan sayap kanan (barat), serta dipasang pada perimeter luar gedung, untuk kemudian dilakukan pengelasan pada pelat embeded yang menempel pada balok perimeter.

Saat ini yang tengah dikerjakan oleh pelaksana konstruksi KSO PT PP (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk adalah penataan arsitektural, interior, instalasi mekanikal, elektrikal, dan plumbing (MEP).

Kemudian jaringan listrik, dan air, serta penataan lansekap elemen dekoratif (ukiran Nusantara), dan lain sebagainya.

Danis mengupayakan semaksimal mungkin mengejar penyelesaian seluruh gedung Kantor Presiden senilai Rp 1,5 triliun ini, agar bisa digunakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juli ini.

"Semaksimal mungkin, kami upayakan, kalau bisa whole building, baik Kantor Presiden maupun Istana Negara berfungsi nanti," tutur Danis kepada Kompas.com.

Tak hanya kepak sayap Burung Garuda yang membentang 230 meter yang menarik perhatian, juga arsitektural dan interior yang dirancang dengan mengadopsi langgam Nusantara.

Berikut penataan interior Kantor Presiden IKN:

Berada di lantai bawah 2. Elemen kayu mendominasi pada lantai dan ceiling. Dinding area ini dilapisi marmer Ujungpandang.

Berada di Lantai Bawah 1. Dilengkapi dengan dua pasang tangga berjalan (eskalator) dengan void tinggi. Lantai dan dindingnya dilapisi marmer.

Dari area ini, pengunjung atau tamu bisa menikmati pemandangan lansekap KIPP melalui bukaan kaca yang tinggi menyentuh lantai.

Terletak di Lantai Dasar. Lobby utama ini dilengkapi dua tangga di sisi kiri dan kanan dengan railing artistik yang terbuat dari baja tahan karat.

Pada foyer luas ini, pengunjung atau tamu disuguhi cahndelier dan tempat duduk yang juga dirancang tak kalah artistik, senafas dengan tangga yang dibuat meliuk.

Terletak di lantai Mezzanine 1. Terdapat lukisan Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno (Bung Karno) dengan kostum kebesaran berwarna putih, lengkap dengan peci hitam dan dasi bersepuh senada.

Lantai di ruang sirkulasi ini terbuat dari tegel yang didatangkan langsung dari Yogyakarta. Sementara dindingnya dilapisi marmer Ujungpandang.

Berada di lantai 1, ruang rapat kabinet ini sarat dengan elemen dekoratif berwana tanah atau eart tone. 

Lantainya terbuat dari kayu solid, senada dengan ceiling dan lampu yang berbentuk menyerupai lembaran pita.

Di tengah ruang ditempatkan meja oval berukurang besar. Kursi-kursi ditara teratur dan rapi, ditempatkan mengikuti bentuk meja.

Terletak di Lantai Mezzanine 2, ruang tunggu ini dirancang cozy dengan warna lebih berani dibanding Ruang Rapat Kabinet.

Terdapat aksen merah di tengah dominasi warna tanah. Dari ruang tunggu ini, peserta rapat bisa menikmati suguhan taman dengan vegetasi khas iklim tropis melalui kaca tinggi hingga menyentuh lantai.

Ruang kerja presiden berada di lantai 2. Karpet tebal berwarna merah menjadi melalui kaca tinggi hingga menyentuh lantai vocal point, selain tentu saja chandelier yang menggantung anggun di ruang kerja ini.

Lagi, earth tonemendominasi ruangan. Di sini terdapat elemen interior satu-satunya yang didatangkan dari mancanegara, Afrika, yakni pelapis lantai marmer Labradorite.

Untuk diketahui, seluruh material interior Kantor Presiden merupakan produk lokal (dalam negeri), yang terutama menonjol adalah marmer Ujungpandang pada lapisan dinding, dan tegel yang diproduksi di Yogyakarta.

https://ikn.kompas.com/read/2024/07/01/053000287/mengintip-interior-kantor-presiden-di-ikn-ada-bung-karno-berkostum-putih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke