Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Pertanian Balikpapan-Samarinda Siap Pasok Kebutuhan IKN

Kompas.com - 30/03/2024, 22:38 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Produksi pertanian di Balikpapan dan Samarinda, Kalimantan Timur,  siap menyuplai kebutuhan pangan di Ibu Kota Nusantara (IKN), dan seluruh wilayah Indonesia.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menegaskan hal itu saat meninjau kebun pertanian di Balikpapan, Sabtu (30/3/2024).

"Potensi pertanian di Kalimantan Timur sangat bagus dan siap berdaulat, serta siap menyuplai kebutuhan IKN dan Indonesia," ujar Akmal.

Baca juga: IKN Dorong Lonjakan Pesanan Amplang di Sentra Industri Kecil Teritip

Kendati punya potensi besar, namun Akmal mengingatkan, produksi pertanian di Balikpapan dan Samarinda harus memiliki nilai tambah melalui hilirisasi pertanian.

"Bagaimana kemudian para petani ini memproduksi pepaya mini yang bisa langsung dimakan. Harus ada nilai tambah," imbuhnya.

Ke depan para petani tidak hanya menjual produk mentah, melainkan juga produk olahan yang bisa dikreasikan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Untuk diketahui, Akmal meninjau green house milik Yayasan Pendidikan Ummah Balikpapan seluas 5,3 hektar di Km 11 Balikpapan.

Dia juga meninjau Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) milik Agus Basuki di Km 12 Balikpapan Utara, serta Kebun Pepaya Kalifornia di Km 12 Karang Joang Balikpapan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com