Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali berpartisipasi dalam salah satu pameran perdagangan dan industri terbesar dan terpenting di dunia yakni Hannover Messe yang dilangsungkan di Kota Hannover, Jerman, 22-25 April 2024.

Juru Bicara OIKN Troy Pantouw mengungkapkan, dalam pameran ini telah diagendakan sejumlah pertemuan dengan para investor potensial.

"Sudah ada permintaan pertemuan dari beberapa potential investor baru yang ingin berdiskusi lebih lanjut dengan OIKN," ujar Troy menjawab Kompas.com, Selasa (23/4/2024).

Baca juga: Pekerja Ditambah Jadi 458 Orang, Menhub Optimistis Bandara VVIP IKN Bisa Diuji Coba Juli

Kehadiran OIKN pada Hannover Messe ini merupakan lanjutan kepesertaan pada tahun 2023 lalu, di mana banyak terbuka peluang mengenalkan IKN kepada potential investor.

Khususnya investor yang berkaitan dengan teknologi smart city dan penggunaan teknologi dalam pengelolaan lingkungan.

Troy menjelaskan, dalam kepesertaan tahun ini selain karena memenuhi undangan dari Kementerian Perindustrian sebagai co-exhibitor, juga menindaklanjuti pertemuan dengan investor yang berasal dari Eropa yang sebelumnya sudah menyepakati MoU dengan OIKN.

Pada tahun 2023 lalu, hasil yang diperoleh dari Hannover Messe adalah kerja sama OIKN dengan antara lain Siemens, LUG, dan lain-lain yang kemudian ditindaklanjuti dalam pertemuan Indonesia Europe Business Forum di Jakarta.

Baca juga: Sambut HUT ke-79 RI di IKN, Kodam Mulawarman Kejar Persiapan Sarana dan Prasarana

"Kemudian, OIKN juga memperoleh liputan besar dan menjadi main event dari Hannover Messe M2023 karena Indonesia sebagai co-partner," cetus Troy.

Sementara itu, Hannover Messe 2024 mengusung tema "Energizing A Sustainable Industry", melibatkan berbagai perusahaan di bidang teknik mesin, industri listrik dan digital, hingga industri energi.

Tidak tanggung-tanggung, Hannover Messe tahun ini dihadiri lebih dari 4.000 peserta pameran dari 60 negara.

Dengan mengusung tema "Energizing A Sustainable Industry”, Hannover Messe 2024 menjadi ajang yang tepat bagi OIKN berinteraksi dengan investor yang mengedepankan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Seluruh Aset Kukar dan Penajam Paser Utara Bakal Dikelola Otorita IKN

Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya menuturkan, IKN memiliki konsep sebagai Smart Sustainable Forest City, membangun kota melalui penerapan teknologi berbasis ramah lingkungan.

"Oleh karena itu Hannover Messe yang tahun ini mengangkat tema transisi energi adalah momen yang tepat untuk kami memaksimalkan peluang kerja sama dengan investor yang dapat mendukung konsep IKN," tambah Jaka.

Pada hari pertama pameran, Paviliun Indonesia dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam pidatonya, Menteri Perindustrian menegaskan, Indonesia memiliki komitmen kuat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mewujudkan tonggak sejarah yang signifikan.

"Pada tahun 2025, sebanyak 23 persen energi akan berasal dari sumber energi baru terbarukan," cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com