Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2024, 16:31 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tengah menyusun peta jalan pendidikan IKN.

Direktur Pelayanan Dasar Kedeputian Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Suwito mengatakan, peta jalan pendidikan ini akan mengantarkan IKN dalam mewujudkan visi sebagai kota dunia untuk semua.

"Selain mewujudkan misi IKN sebagai kota dunia untuk semua, peta jalan pendidikan ini juga berfungsi untuk mengarahkan pengembangan pelayanan pendidikan di IKN," jelasnya, dikutip dari keterangan resmi.

Adapun IKN dicanangkan menjadi kota dunia untuk semua sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang (UU) Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Pencapaian visi pembangunan IKN harus didukung dengan penyediaan pelayanan pendidikan berkualitas di wilayah IKN.

"Penyediaan pelayanan pendidikan yang menjadi rujukan bagi siswa nasional dan internasional untuk menempuh pendidikan di IKN, serta menghasilkan lulusan berkelas internasional," urai Suwito.

Baca juga: UPDATE Terkini Rumah Tapak Jabatan Menteri IKN, 5 Kelar Dibangun

Dalam penyusunannya, Kedeputian Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Balai Guru Penggerak (BGP) Kaltim, Tanoto Foundation, dan Tim Inovasi.

"Saat ini mereka yang terdiri dari pakar dan praktisi pendidikan di Indonesia tersebut sedang menyusun peta jalan pendidikan yang berfungsi untuk mengarahkan pengembangan pelayanan pendidikan di IKN sejak saat ini hingga tahun 2045 mendatang," ucap Suwito.

Sebagai informasi, peta jalan pendidikan IKN berisikan tahapan pengembangan dan pembangunan pendidikan di ibu kota negara baru tersebut, mulai dari jangka pendek, jangka menengah hingga jangka panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com