Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung IKN Jadi Kota Hijau, Bluebird Investasi Mobil Listrik

Kompas.com - 27/04/2024, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Perusahaan pelayanan mobilitas darat, Bluebird Group telah menunjukkan komitmennya untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi kota hijau.

Hal ini ditandai lewat investasi yang diberikan oleh Bluebird kepada IKN pada akhir tahun lalu senilai Rp 250 miliar.

Seremoni peresmian investasi ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono di IKN, Kamis (21/12/2024).

Dilansir dari laman resmi Bluebird, investasi dan kontribusi perusahaan yang dikenal dengan armada berwarna biru langit tersebut akan digunakan untuk pengembangan sistem transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Ini meliputi pengadaan layanan bus perkotaan listrik, taksi listrik, mobil rental listrik, bus jurusan IKN–Balikpapan.

Penyediaan armada tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti halte, park and ride, transfer point, depo, dan charging point. Fasilitas tersebut akan dikelola secara terintegrasi menggunakan teknologi pintar.

Baca juga: Bila Tanah IKN Clean and Clear, AHY Terbitkan Sertifikat Hak Pakai

Rincian investasinya, akan ada taksi listrik hingga 100 unit, armada mobil rental listrik hingga 50 unit, armada bus jurusan IKN-Balikpapan hingga 10 unit, charging point, dan depo.

Sedangkan untuk kontribusi, meliputi layanan bus perkotaan listrik hingga 40 unit, halte hingga 53 titik, 1 transfer point, dan 2 park and ride.

Sementara Adrianto mengatakan bahwa investasi yang dilakukan oleh perusahaannya masih berjalan sesuai dengan rencana.

"Rencananya kan sudah kita announce Desember kemarin. Ya itu masih dalam rencana kita untuk diimplementasikan targetnya," tutur Adrianto menjawab Kompas.com dalam media gathering di Bluebird Tower, Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Di sisi lain, kendaraan berbahan bakar fosil (bensin) dilarang berkeliaran di wilayah IKN.

Baca juga: Wujudkan Transportasi Ramah Lingkungan di IKN, Bluebird Koordinasi dengan Otorita

Deputi Bidang Fasilitas dan Infrastruktur Otorita IKN Silvia Halim mengatakan, berdasarkan regulasi, seluruh moda transportasi di IKN harus ramah lingkungan.

Selain itu, hanya akan ada 20 persen kendaraan pribadi yang ada di IKN. Selebihnya, masyarakat yang tinggal di sana bisa menggunakan transportasi umum.

"Kendaraan pribadi yang ada IKN nanti jumlahnya sangat terbatas. Itu pun harus kendaraan listrik atau yang menggunakan bahan bakar rendah karbon," ujar Silvia dalam Webinar Building an Integrated, Intelligent, and Sustainable Transport System in the New Capital of Nusantara, Rabu (24/4/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com