Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Tentara Cadangan Indonesia Kalah dari Timor Leste, Kodam Mulawarman Buka Lowongan 1.000 Komcad

Kompas.com - 21/05/2024, 21:50 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Komando Daerah (Kodam) VI/Mulawarman membuka lowongan untuk masyarakat guna membela negara dengan bergabung sebagai komponen cadangan matra darat (komcad).

Hal ini menyusul peta kekuatan militer dan cadangannya di seluruh dunia, Indonesia hanya berada di peringkat 14.

Bahkan, di antara negara-negara ASia Tenggara, posisi Indonesia ada di bawah Timor Leste, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, hingga Vietnam yang menempati urutan ke-8.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjend TNI Tri Budi Utomo dalam sambutan yang dibacakan oleh Mayor Arhanud Nanang mengatakan, sebanyak 1.000 komcad akan dibuka untuk masyarakat umum.

Baca juga: Kenakan Topi Bekas Bungkus Mi Instan, Pangdam Mulawarman Dukung Keberlanjutan

"Kami membuka sebanyak 1.000 rekrutmen," kata Pangdam saat sosialisasi UU nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara yang dihadiri 200 peserta, di ruang pertemuan Balai Kota Balikpapan, Selasa (21/5/2024).

Pendaftaran komcad dimulai pada 1 Mei hingga 7 Juni 2024 yang bisa dilakukan secara daring melalui situs https://komcad.kemhan.go.id/

Usai mendaftar, selanjutnya komcad akan menjalani seleksi yang terdiri dari tes administrasi dan tes kemampuan.

Seleksi berlangsung di Resimen Induk Kodam (Rindam) VI/Mulawarman yang terletak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sebagai informasi, selain Provinsi Kalimantan Timur, Kodam VI/Mulawarman juga mencakup Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Lebih lanjut, Pangdam menjelaskan, komcad terdiri dari warga negara, sumber daya alam, dan sumber daya buatan serta sarana dan prasarana nasional.

Sehingga, warga negara yang terlibat dalam komcad sebagai wujud pengabdian dalam usaha mempertahankan negara secara sukarela.

Baca juga: Pergantian Personel Kodam Mulawarman, Tri Budi Pimpin Serah Terima Jabatan

Pembentukan komcad bertujuan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan, dan kemampuan TNI sebagai komponen utama dalam upaya penyelenggaraan pertahanan negara.

"Tentunya, untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara serta keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegas Pangdam.

Kasubdit pembentukan dan pembinaan Komcad, Ditsumdan Ditjen Pothan Kemhan RI, Kolonel Marinir Rachmat Djunaidy menambahkan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi kandidat komcad.

Syarat tersebut meliputi usia, mendapatkan materi berdasarkan kurikulum yang ditentukan dan akan disetujui oleh Menteri Pertahanan RI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com