Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digunakan Jokowi Juli Ini, Kantor Presiden di IKN Terus Dikejar Penyelesaiannya

Kompas.com - 27/06/2024, 19:55 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024.

Hal senada juga diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan terbaru oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

Diana mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan kantor presiden agar bisa ditempati oleh Presiden Jokowi pada Juli ini.

Baca juga: Raja Juli Promosikan Jalan Pintas dari Bandara Sepinggan Menuju IKN

"Juli ditempati Presiden untuk kantor ya sudah kita siapkan ya, sudah kita siapkan," ujar Diana saat mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan di Kalimantan Tengah, Kamis (27/6/2024).

Selain Presiden, Menteri Basuki juga memastikan akan berkantor di IKN, dan tinggal di Rumah Jabatan Menteri mulai Juli ini.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Danis Hidayat SumadilagaDokumen Pribadi Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Danis Hidayat Sumadilaga
Adapun pekerjaan fisik Kawasan Istana Kepresiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang mencakup Kantor Presiden, Istana Negara, dan Lapangan Upacara terus dikejar demi memenuhi target fungsional.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga kepada Kompas.com, Kamis (27/6/2024) meyakinkan bahwa perkembangan konstruksi Kantor Presiden cukup baik, kendati terkendala cuaca hujan.

Baca juga: Per 31 Mei 2024, Pembangunan IKN Habiskan Rp 5,5 Triliun

Danis juga membantah banjir yang terjadi pada Selasa (24/6/2024) merendam KIPP IKN. Menurutnya, banjir tersebut terjadi di Sepaku, dan jauh dari area pembangunan KIPP IKN.

"Sore serta esok harinya, Rabu (26/6/2024) sudah surut," imbuh Danis.

Oleh karena itu, pihaknya terus bekerja keras sampai dengan Juli ini agar semua dapat berfungsi, termasuk pekerjaan interior, arsitektural, mekanikal-elektrikal-plumbing (MEP), utilitas air bersih, listrik, aksesibilitas dan lain sebagainya.

Baca juga: Indeks Bela Negara di Atas 3, Sosialisasi Pemahaman soal IKN Makin Intensif

Bahkan, Danis mengupayakan semaksimal mungkin dikejar penyelesaian seluruh gedung untuk Kantor Presiden dan Istana Negara.

"Semaksimal mungkin, kami upayakan, kalau bisa whole building, baik Kantor Presiden maupun Istana Negara berfungsi nanti," tutur Danis.

Saat ini kemajuan pembangunan fisik Kantor Presiden telah mencapai 90 persen, dan Istana Negara sekitar 80 persen.

Sementara untuk gedung yang mendukung ekosistem perkantoran seperti Kantor Kementerian Koordinator 1-4, akan fungsional untuk Lantai 1 sampai dengan Lantai 3.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com