Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar HUT ke-79 RI, Dibangun 12 Tower Tambahan Hunian Pekerja Konstruksi IKN

Kompas.com - 28/02/2024, 13:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur Rozali Indra Saputra mengungkapkan rencana pembangunan tower tambahan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Indra, HPK baru ini akan dibangun sebanyak 12 tower dengan estimasi dapat menampung tambahan pekerja konstruksi sekitar 6.000 orang dari yang ada saat ini yang sudah mencapai 15.000 orang.

Kapasitas per tower dirancang untuk dapat menampung sekitar 500 pekerja.

Baca juga: Menuju Peringatan HUT ke-79 RI, Jokowi Direncanakan Tinggal di IKN

"Sebanyak 8-9 tower HPK akan mulai dikerjakan konstruksinya pada Juli 2024, seraya menunggu kepastian dari Otorita IKN (OIKN)," ujar Indra dalam perbincangan khusus bersama Kompas.com, Selasa (27/2/2024).

Indra mengemukakan, para pekerja tambahan ini akan melaksanakan percepatan di infrastruktur-infrastruktu dan fasilitas yang target penyelesaiannya paling dekat demi mengejar penyelenggaraan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

Mereka mengerjakan Kawasa Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang berfokus pada Kawasan Istana Presiden dengan lingkup pengaspalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur dan Barat, Istana Negara, Istana Presiden, dan Lapangan Upacara.

Baca juga: Megahnya Garuda Raksasa yang Tegak Berdiri di Ibu Kota Nusantara

"Teman-teman Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga yang melaksanakan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur dan Barat sebagai akses upacara sudah sampai pada tahap top level atau final treat aspal, kami bersama-sama mengerjakan ini dengan akurasi tinggi," beber Indra.

Demikian halnya dengan komponen utilitasnya seperti jaringan listrik, air bersih layak minum, serat optik untuk jaringan internet nirkabel, yang dibangun dalam multi utility tunnel (MUT) juga paralel dikejar penyelesaiannya.

Masing-masing dari bangunan dan infrastruktur tersebut harus siap digunakan pada April 2024.

Kapasitas 8.700 Peserta

Terkait jumlah peserta yang akan mengikuti upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Indra mengatakan sedang dipersiapkan dengan matang segala kebutuhannya.

Termasuk hunian untuk pasukan keamanan dengan jumlah total sekitar 1.500-2.000 orang. Sedangkan peserta upacara VVIP sekitar 5.000 orang.

Sejatinya, Lapangan Upacara dirancang dengan kapasitas 8.700 orang.  

Baca juga: Kebun Raya IKN Dibangun Lewat Skema Patungan Djarum dan Wings

"Tapi rasanya kan tidak mungkin semua dari ribuan orang itu tinggal di IKN. Sebagian besar akan mengandalkan Balikpapan dan Samarinda. Ini tugas desk lain dalam Tim Gabungan yang dibentuk Setpres ya," ungkap Indra.

Pendek kata, tegas Indra, tugas yang menjadi kewenangan Kementerian PUPR yakni persiapan infrastruktur sudah ditargetkan Juni sudah tuntas untuk kemudikan dilakukan comissioning pada Juli.

Dia memastikan, pembangunan infrastruktur difokuskan pada kualitas, keberlanjutan, kecermatan, ketepatan, berbasis teknologi dan sains, serta memiliki estetika tinggi.

"Sehingga laik untuk digelarnya upacara kemerdekaan 17 Agustus 2024 nanti," tuntas Indra.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com