Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2024, 14:10 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com Groundbreaking proyek garapan investor publik di Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap lima akan dilaksanakan pada Kamis (29/2/2024)-Jumat (1/3/2024).

Pada groundbreaking kali ini, IKN akan bertabur proyek-proyek garapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN) Agung Wicaksono mengatakan, ada 3 bank BUMN dan 1 bank BUMD yang bakal melakukan groundbreaking kantor mereka di IKN.

"Dunia usaha yang masuk pada kali ini yaitu adalah 4 bank, 3 BUMN dan Bank Kaltimtara sebagai bank pembangunan daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara," ujar Agung dalam media briefing dalam jaringan, Selasa (27/2/2024).

Oleh karena itu, akan ada pusat layanan perbankan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang ditandai lewat hadirnya empat bank tersebut.

"Pusat layanan perbankan ini akan diawali dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara OIKN dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," lanjut Agung.

Baca juga: Sambut Kunjungan Jokowi di IKN, BPPW Kaltim Bikin Hujan Buatan

Selain empat bank tersebut, juga akan dibangun Pusat Komando IKN, Kantor Telkom Indonesia, Mini Studio Nusantara TVRI, dan Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan.

Namun demikian, Agung tidak membocorkan berapa total nilai investasi yang berhasil terserap lewat groundbreaking kelima ini.

Agung hanya memberikan perkiraan, total nilai investasinya bisa menuju Rp 50 triliun. Adapun hingga groundbreaking keempat pada Januari 2024 kemarin, total nilai investasi yang masuk ke IKN lewat proyek swasta dan publik menyentuh angka Rp 47,5 triliun.

"Total nilai investasi kita bisa lihat menjelang acara atau setelah acara, masih dihitung secara detail, tetapi kita semakin mendekati Rp 50 triliun," tuntas Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com