Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabupaten PPU 22 Tahun, Akmal: Harus Aktif Menyokong Pembangunan IKN

Kompas.com - 10/03/2024, 13:58 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memasuki usia ke-22 tahun, tepat Minggu (10/3/2024).

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ini diperingati secara khidmat di halaman Kantor Bupati PPU, dan dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik.

Akmal menuturkan, Kabupaten PPU harus berbangga karena mendapatkan kepercayaan untuk menjadi daerah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Oleh karena itu, Akmal mengingatkan Pemkab PPU dan seluruh stakeholder agar selalu aktif dalam menyokong IKN yang saat ini pembangunannya terus bergerak.

Baca juga: BI Kawal Ketat Inflasi PPU dan Balikpapan Jelang Puasa, Ini Strateginya

“Kita tidak boleh tertinggal. Saya ingin menegaskan perlunya bagi seluruh masyarakat PPU untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM)-nya melalui pendidikan yang baik, menjadi generasi PPU yang unggul dan berkualitas sehingga dapat menjawab tantangan masa depan yang semakin besar,” tutur Akmal.

Lebih lanjut dia mengimbau agar perayaan HUT ke depannya tidak hanya terfokus pada pembacaan sejarah Kabupaten PPU, tetapi progres pembangunan yang telah dicapai selama ini.

Menurutnya, sejarah bukanlah hal yang statis tetapi dinamis. Pembacaan sejarah adalah fakta yang harus dihormati.

"Tetapi pembacaan berikutnya adalah progres apa yang sudah tercapai selama 22 tahun ini.  Sudah sejauh mana kita menciptakan masyarakat sejahtera. Sudah sejauh mana kita membuat masyarakat bahagia,” tegasnya.

Baca juga: Seluruh Transaksi di PPU Bakal Menggunakan QRIS, Bagaimana dengan IKN?

"Semoga dengan peringatan HUT ini semuanya bersemangat dan terus berusaha meningkatkan kinerja dan pengabdian untuk kesejahteraan PPU sekarang dan masa yang akan datang,” cetus Akmal.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati PPU Makmur Marbun menjelaskan tema peringatan HUT ke-22 PPU adalah Bersama Membangun Serambi Nusantara Menuju Masyarakat Madani  yang mencerminkan komitmen kuat untuk berperan aktif dalam pembangunan nasional.

“Kami harapkan Kabupaten PPU dapat menjadi bagian integral dari visi besar IKN Nusantara,” terang Makmur.

Meskipun saat ini PPU sudah mencapai banyak kemajuan dan prestasi, hal ini lantas tidak membuatnya berhenti dan tidak bergerak maju.

Baca juga: Bawaslu PPU Antisipasi Pelanggaran di TPS Khusus Pekerja IKN

“Teruslah bergerak dan berjuang membuat gerakan perubahan menjadikan Kabupaten PPU semakin maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Upacara peringatan HUT ini juga sebagai momentum pemberian penghargaan oleh Pj Bupati PPU kepada instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat yang berprestasi diberbagai bidang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com