Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Bank Tanah Perluas Lahan HPL untuk Bandara VVIP IKN Jadi 621 Hektar

Kompas.com - 17/05/2024, 10:31 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Badan Bank Tanah (BBT) menambah persediaan lahan Hak Pengelolaan (HPL) untuk pembangunan Bandara VVIP atau Naratetama di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal ini menyusul penandatangan kerja sama dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melalui anak perusahaannya, PT Bina Karya (Persero).

Penambahan lahan HPL Bandara VVIP tersebut menjadi 621 heltar. Selain itu, BBT juga menyediakan lahan untuk Jalan Tol IKN Seksi 5B.

Baca juga: IKN Terkini, Tower Crane Lincah Menari, Lampu Proyek Gemerlap di Malam Hari

Kepala BBT Parman Nataatmadja menuturkan komitmen lembaganya yang tertuang dalam PP 64 Tahun 2021 tentang Kewenangan Badan Bank Tanah dalam menjamin ketersediaan tanah dalam rangka ekonomi berkeadilan.

”Kami harapkan Insya Allah dengan kerja sama ini dapat sesegera mungkin mendukung pertumbuhan yang ada di IKN dan di wilayah HPL BBT sebagai daerah penyangga,” ujar Parman dalam keterangan persnya, Jumat (17/5/2024).

Parman menambahkan, komitmen BBT di daerah penyangga dalam kerangkan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), juga dengan penyediaan lahan untuk masyarakat yang berhak melalui program reforma agraria seluas 1.873 hektar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bina Karya Boyke Prasetyanto mengatakan, wilayah HPL Badan Bank Tanah merupakan area penyangga yang cukup dekat dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN.

Baca juga: Istana Negara IKN Dilapisi Beton Setebal 20 Cm dan Kaca Anti Peluru

Dengan demikian potensi untuk mendorong pengembangan dan pertumbuhan di Ibu kota Negara sangat besar dilakukan di kawasan HPL BBT.

”Kenapa kami ingin sekali bekerjasama dengan BBT? Karena ada beberapa fungsi yang diminati investor akan lebih tepat dilakukan di HPL BBT. Salah satunya industrial estate,” ucap Boyke.

Boyke menambahkan, industrial estate tidak diagendakan di KIPP lantaran daerah tersebut merupakan kawasan pemerintahan.

”Itu salah satu potensi yang kami lihat ada di HPL BBT,” cetus Boyke.

Kedua, ada minat dari beberapa developer yang akan membagun rusun atau rumah tapak untuk kepentingan non-ASN yang bukan kategori high end, namun medium to low.

Baca juga: Menengok Apartemen Khusus Paspampres di IKN, Serba Canggih dan Modern

Terakhir, kehadiran Bandara VVIP IKN di HPL BBT diharapkan dapat dikembangkan tidak hanya untuk melayani penumpang tapi juga logistik.

Selain itu, Aerowisata di Bandara VVIP IKN juga sangat potensial untuk dikembangkan sebagai upaya meningkatkan pariwisata di PPU.

”Ini menjadi suatu keniscayaan yang tidak bisa dipisahkan dari semua kegiatan ekonomi,” pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com