Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Groundbreaking" Ke-VI IKN Libatkan Sejumlah Nama Besar Sektor Pendidikan dan Lifestyle

Kompas.com - 16/05/2024, 11:15 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, terus mengalami akselerasi dan eskalasi intensif.

Tak hanya dalam sektor konstruksi fisik terkait infrastruktur dasar Batch 1 yang sudah mencapai 81 persen, melainkan juga pembangunan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusianya.

Hal ini menyusul rencana peletakan batu pertama atau groundbreaking keenam yang digelar pada akhir Mei 2024 bertepatan dengan bulan kebangkitan Nasional.

Baca juga: OIKN Sukses Tarik Minat 8 Raksasa Teknologi Dunia Bangun Command Center Ultimate

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN (OIKN) Mohammed Ali Berawi menuturkan, groundbreaking keenam ini mencakup pembangunan fasilitas pendidikan, fasilitas lifestyle, pusat olahraga, dan ekosistem pendukung yang melibatkan sejumlah nama besar.

Fasilitas pendidikan termasuk di dalamnya pengembangan pusat riset, sekolah terpadu, hingga kampus perguruan tinggi (universitas).

Sementara fasilitas lifestyle meliputi bidang kuliner atau food and beverage (F&B), ruang pamer (showroom) kendaraan listrik, dan kantor telekomunikasi.

Adapun ekosistem pendukung mencakup refortasi hutan tropis, dan pelayanan perbankan serta program Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

"Fasilitas-fasilitas ini merupakan bagian dari platform Nusantara Knowledge Hub (K-Hub) sebagai upaya OIKN dalam membangun brainware dengan tujuan menjadikan IKN sebagai living lab bagi pengembangan teknologi. Di mana riset dan teknologi menjadi pembangkit ekonomi masa depan," tutur Ali kepada Kompas.com, Kamis (16/5/2024). 

Baca juga: IKN Dorong Investasi di Kota Balikpapan Naik Signifikan

Ali mengharapkan, kehadiran platform Nusantara K-Hub ini akan mendorong terbangunnya pusat-pusat riset yang dapat memproduksi dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta lahirnya startup-startup dengan kapasitas dan kompetensi tingkat dunia.

"Jika ini terealisasi, IKN akan turut serta secara aktif dalam proses produksi pengembangan teknologi untuk menghasilkan sebuah potensi dan kemampuan bagi pembangunan Indonesia masa depan," imbuh Ali.

Hingga saat ini, platform Nusantara K-Hub telah diminati oleh lebih dari 40 perusahaan teknologi global dan pelaku industri terkait.

Baca juga: Akhir Mei, Jokowi Resmikan Groundbreaking Sekolah Al Azhar Summarecon IKN

Hal ini menjadi potensi bagi pengembangan Nusantara K-Hub sebagai pusat pengetahuan dan teknologi berkelanjutan, seperti halnya Station-F di Paris dan Newlab di New York.

Adapun badan usaha yang turut serta dalam prosesi groundbreaking keenam di IKN, sebagai berikut:

Sektor Pendidikan

1. Bina Bangsa School

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com