Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Groundbreaking" IKN Tahap VI Masih Tunggu Jadwal Jokowi

Kompas.com - 28/05/2024, 18:02 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, groundbreaking IKN tahap VI masih menunggu jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini disampaikannya saat ditemui di The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

"Sedang diusulkan ke Istana, menunggu jadwal Bapak Presiden," kata Bambang seraya bergegas meninggalkan lokasi acara.

Adapun sektor yang akan dibangun pada groundbreaking IKN selanjutnya ini salah satunya adalah pendidikan.

"Memang core-nya adalah pendidikan, tetapi tentu ada plus-plusnya yang lain yang kemarin belum sempat groundbreaking," lanjut Bambang.

Pada kesempatan berbeda, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi menuturkan, groundbreaking keenam mencakup pembangunan fasilitas pendidikan, fasilitas lifestyle, pusat olahraga, dan ekosistem pendukung yang melibatkan sejumlah nama besar.

Baca juga: Jalan Tol IKN Langsung Terapkan Sistem Transaksi Tanpa Sentuh MLFF

Fasilitas pendidikan termasuk di dalamnya pengembangan pusat riset, sekolah terpadu, hingga kampus perguruan tinggi (universitas).

Sementara fasilitas lifestyle meliputi bidang kuliner atau food and beverage (F&B), ruang pamer (showroom) kendaraan listrik, dan kantor telekomunikasi.

Adapun ekosistem pendukung mencakup refortasi hutan tropis, dan pelayanan perbankan serta program Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

"Fasilitas-fasilitas ini merupakan bagian dari platform Nusantara Knowledge Hub (K-Hub) sebagai upaya OIKN dalam membangun brainware dengan tujuan menjadikan IKN sebagai living lab bagi pengembangan teknologi. Di mana riset dan teknologi menjadi pembangkit ekonomi masa depan," tutur Ali kepada Kompas.com, Kamis (16/5/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com