Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gapensi Dorong Pemerintah Berdayakan Kontraktor Lokal Bangun IKN

Kompas.com - 06/06/2024, 08:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) mengimbau pemerintah memberdayakan kontraktor lokal dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Ketua Umum Badan Pimpinan Pusat (BPP) Gapensi Periode 2019-2024 Iskandar Z Hartawi mengutarakan hal ini usai acara konferensi pers Musyawarah Nasional (Munas) XV di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

"Jadi, kami mengimbau kepada pemerintah agar memberdayakan pengusaha-pengusaha kecil di IKN tersebut. Jangan jadi penonton di negeri sendiri," tegas Iskandar.

Menurut Iskandar, kontraktor pembangunan IKN sendiri saat ini masih didominasi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dirinya pun juga mengutarakan alasan diangkatnya tema Munas XV Gapensi yakni "Sinergi dan Inovasi Gapensi menuju Indonesia Emas 2045"

"Kita akan menuju Indonesia Emas 2045, apapun itu harus bangkit ya toh? Agar Gapensi ini tetap besar di mata masyarakat. Karena, Gapensi lima tahun sekali pasti diadakan Munas," tuntasnya.

Baca juga: Jika Terpilih Jadi Gapensi I, Agus Gendroyono Rela Mundur dari LPJK

Adapun Gapensi menghadirkan 35 Badan Pengurus Daerah (BPD) dalam Munas ke-15 ini yang diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik di Indonesia.

Munas ini diselenggarakan mulai Rabu (5/6/2024) hingga Jumat (7/6/2024).

Pada kegiatan Munas GAPENSI XV ini akan menghadirkan satu sesi kuliah umum terkait outlook dunia kontruksi dari Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

Kegiatan ini rencananya dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, dijadwalkan juga sejumlah menteri akan hadir diantaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri BUMN, Menteri Investasi dan BKPM, serta Ketua KADIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com