Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Pastikan IKN Gunakan Energi Hijau PLTS 100 Persen Agustus 2024

Kompas.com - 05/06/2024, 16:06 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT PLN (Persreo) Darmawan Prasodjo memastikan penggunaan energi hijau ramah lingkungan berbasis PLTS di Ibu Kota Nusantara (IKN) 100 persen pada Agustus 2024.

Darmawan menyampaikan hal ini saat peresmian groundbreaking Telecommunication and Digital Centre, oleh Presiden RI Joko Widodo, Rabu (5/6/2024).

Menurutnya, PLN berkomitmen penuh menyiapkan sistem kelistrikan andal di IKN dengan mengusung konsep teknologi state of the art berbasis pada pasokan listrik berteknologi pintar, indah, dan ramah lingkungan.

Baca juga: Tanggapi Pergantian Pejabat OIKN, AHY: Ada Target yang Harus Dituntaskan

Selain itu, PLN melalui subholding PLN Icon Plus juga mendukung jaringan telekomunikasi yang akan terbangun di IKN.

"Pembangunan Kantor PLN dan izin penyediaan infrastruktur telekomunikasi oleh PLN Icon Plus ini merupakan upaya kami mendukung IKN menjadi kota hijau, futuristik dan berkelanjutan, sehingga listrik yang dihadirkan berbasis pasokan ramah lingkungan,” ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan, groundbreaking PLN Hub menandakan bahwa pekerjaan rancang dan bangun untuk membuat Nusantara menjadi green city telah dimulai.

"Dari sini, PLN akan langsung mengakselerasi pembangunan PLN HUB, infrastruktur pendukung dan site development," cetusnya.

Baca juga: Hindari Spekulasi, Dhony Buka-bukaan Alasan Mundur dari Wakil Kepala OIKN

Penggunaan 100 persen energi hijau di IKN juga disampaikan Presiden Jokowi. Karena hal ini kerap ditanyakan oleh para investor yang ingin masuk.

Menurutnya, penggunaan energi hijau adalah bagian dari transformasi. Terlebih transformasi ekonomi karena ekonomi global terus berubah arah, dan harus diantisipasi.

"Kita harapkan terjadi perubahan mindset kita semua tentang penggunaan energi hijau, khususnya di nusantara, yang nanti 100 persen akan menggunakan energi hijau. Dengan demikian, investasi di IKN sama dengan membeli masa depan," tutur Jokowi.

Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono juga mendukung kesiapan fasilitas dasar yang ada di IKN.

Baca juga: Ke IKN Tak Perlu Lagi Lewat Tol Balikpapan-Samarinda KM 33

Dia mengatakan, kelistrikan adalah fondasi dasar dari sebuah kota untuk bisa hidup dan berkembang.

"Adanya Telecommunication and Digital Centre dari PLN memberikan dukungan penuh akan kemajuan yang dimiliki IKN nantinya," ujar Basuki.

Dibangun di atas tanah seluas 1,39 hektar dengan nilai investasi sebesar Rp 1 triliun, Telecommunication and Digital Centre Nusantara dirancang sebagai sebuah kawasan terpadu yang terdiri atas perkantoran, komersial, dan Green Hydrogen Park.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com