Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2024, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Insentif untuk para pekerja konstruksi di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi tanggung jawab masing-masing kontraktor.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Satuan Tugas Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga saat ditemui usai Rakernas Otorita IKN (OIKN) di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Kamis (14/3/2024).

"Itu kan lebih ke hubungan kerja, business to business antara para pekerja dengan operator," ujar Danis menjawab Kompas.com.

Dalam hal ini, pemerintah memiliki hubungan kerja dengan kontraktor, sehingga persoalan insentif Lebaran para pekerja konstruksi bukan menjadi tanggung jawab langsung pemerintah.

"Kalau kita hubungan kerjanya antara pemerintah dengan kontraktor, kalau pekerja ya dengan kontraktor, dengan para pekerja, para sub (kontraktor)-nya, dengan para vendornya," lanjut Danis.

Namun demikian, Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN tetap memberikan imbauan kepada kontraktor agar memastikan proyek IKN berjalan sesuai target yang ditetapkan.

Baca juga: Kebut Investasi, Lahan IKN Dijual ke Investor, Harga Dipatok Otorita

"Kita imbauannya bagaimana Anda (kontraktor) menjaga kontinuitas pekerjaan. Jangan sampai adanya puasa Lebaran menjadi terganggu. Itu concern kita. Caranya bagaimana? Terserah (kontraktor)," tegas Danis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com