Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tajikistan Basuki Bertemu Sergek, Bahas Mobilitas Cerdas Berbasis AI

Kompas.com - 10/06/2024, 17:15 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan bilateral dengan Vice President Global Market Sergek Projects Ltd Alyona Tkachenko, di acara The 3rd Dushanbe Water Action Decade Conference di Republik Tajikistan, Senin (10/6/2024).

Dalam pertemuan ini Basuki membahas energi hijau, mobilitas dan lalu lintas cerdas berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Basuki mengatakan Sergek Projects dan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) telah menindaklanjuti MoU yang ditandatangani pada September 2023 menjadi kemitraan yang solid dan konkret.

Baca juga: Mobilitas Cerdas Berbasis AI Buatan Sergek Penuhi Standar ITS

MoU ini meliputi workshop, studi kelayakan awal di wilayah tertentu dan Proof of Concept (POC) kolaboratif sistem transportasi cerdas.

Kemitraan ini berpotensi memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Nusantara, Balikpapan dan Samarinda.

“Tujuan MoU ini adalah untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam perencanaan dan implementasi konsep kota pintar di Nusantara dalam hal manajemen lalu lintas, penegakan hukum, dan ekologi. Hal ini akan meningkatkan efisiensi penggunaan jalan, keselamatan jalan, dan keberlanjutan lingkungan,” tutur Basuki.

Salah satu komitmen dari MoU ini adalah PoC kolaboratif sistem transportasi cerdas. Pilot project berbasis AI ini menyediakan pemodelan emisi dan identifikasi titik-titik polusi melalui analisis arus lalu lintas dan jenis kendaraan di Balikpapan.

Beberapa manfaat dari kolaborasi ini di antaranya dapat menganalisis data kondisi lalu lintas, menyiapkan informasi transportasi umum dan rencana rute, menganalisis kepadatan dan waktu perjalanan dari suatu bagian jalan.

Kemudian menganalisis emisi kendaraan bermotor di area tertentu yang dapat digunakan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi serta menerapkan kebijakan publik yang ramah lingkungan.

Baca juga: Otorita Lelang Mobilitas Pintar di IKN, Sergek Dapat Nilai Plus

OIKN akan mempertimbangkan dan meneliti proposal Sergek tentang energi hijau, mobilitas dan lalu lintas cerdas berbasis AI ini.

"Saya mendorong Sergek untuk berpartisipasi. Kami yakin PoC yang dilakukan Sergek merupakan nilai tambah yang berharga," cetus Basuki.

Dia berharap kemitraan dan kolaborasi dengan Sergek dapat terus berlanjut dan semakin diperkuat pada masa depan, yang pada gilirannya akan semakin memperkuat kerjasama dan persahabatan antara Indonesia dan Kazakhstan.

Vice President Global Market Sergek Projects Ltd Alyona Tkachenko mengatakan pihaknya melihat IKN mewakili visi dan komitmen yang mereka yakini.

“IKN bukan hanya cita-cita, melainkan sebuah kenyataan. Dengan semangat ini, kami melihat inisiatif ini bukan sekadar sebagai bukti konsep, tetapi sebagai proyek yang lengkap,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com