Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penamaan Bandara VVIP Jadi Nusantara Airport Tunggu Proses Administrasi

Kompas.com - 18/06/2024, 09:03 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Perubahan nama Bandara Very Very Important Person (VVIP) Ibu Kota Nusantara (IKN) jadi Nusantara Airport atau Bandara Nusantara tinggal menunggu surat keputusan Menteri Perhubungan.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, Selasa (18/6/2024). 

"Surat Keputusan ini hanya proses administratif saja. Karena sudah disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi, namanya Bandara Nusantara," ujar Adita.

Baca juga: Tak Perlu Mendarat di Balikpapan, Menteri dan Dubes Negara Sahabat Langsung ke Bandara VVIP IKN

Sementara itu, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga tetap menamakannya dengan Bandara VVIP IKN, sesuai dengan kontrak paket pekerjaan konstruksi.

"Kami mengerjakan landasan pacunya sepanjang 2.200 meter yang akan dituntaskan pada Agustus 2024 dan 3.000 meter pada Desember 2024 dengan nama paket pekerjaan Bandara VVIP IKN," terang Danis.

Bandara Nusantara sendiri hingga saat ini masih dalam tahap konstruksi dengan progres mencapai 50 persen.

Hingga pekan ke-26, pembangunan Bandara VVIP ini mencakup beberapa aspek, yakni pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP. 

Baca juga: Lapangan Upacara IKN Bisa Tampung 6.300 Orang

Kemudian pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC; pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional; pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK; serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina; pekerjaan minipile bangunan power house; pekerjaan cut and fill, dan galian U-ditch, geotextile.

Selanjutnya agregat di Jalan Akses Utama (uditch), embung, dan Jalan Perimeter Barat; pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP; serta pekerjaan pondasi rumah dinas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com