Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2024, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Terdapat tiga lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi dan berkontribusi besar terhadap ekonomi Kalimantan Timur (Kaltim) yang tercatat melaju 6,22 persen secara kumulatif pada 2023.

Tiga lapangan usaha tersebut adalah Pengadaan Listrik dan Gas sebesar 16,05 persen, Konstruksi sebesar 15,82 persen, dan Jasa Keuangan dan Asuransi sebesar 11,72 persen.

"Khusus konstruksi sangat terkait erat dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), dampaknya sangat signifikan. Selain itu juga ada proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina, dan aktivitas konstruksi lainnya," jelas Kepala BPS Kaltim Dr Yusniar Juliana kepada Kompas.com, Senin (5/2/2024).

Sementara itu, Pertambangan dan Penggalian sebagai lapangan usaha utama perekonomian Provinsi Kaltim tumbuh hanya sebesar 5,18 persen.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Kaltim Melesat 6,22 Persen, di Atas Nasional

Namun demikian, Yusniar menegaskan, seluruh lapangan usaha menunjukkan kinerja pertumbuhan positif.

Sehingga, hal ini berdampak pada angka pertumbuhan ekonomi Kaltim yang berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Nasional.

"Ini menunjukkan akselerasi dan kinerja ekonomi yang lebih baik di wilayah Kaltim selama Tahun 2023 dibanding kinerja Tahun 2022 yang sebesar 4,48 persen. Ini hal positif, karena kita di atas rata-rata Nasional 5,05 persen,” tutur Yusniar.

Sementara itu, berdasarkan PDRB Kaltim atas dasar harga berlaku menurut lapangan usaha, struktur perekonomian Kaltim belum mengalami perubahan yang berarti.

Lima lapangan usaha yang mendominasi perekonomian adalah Pertambangan dan Penggalian dengan peranan sebesar 43,19 persen.

Kemudian diikuti oleh Industri Pengolahan sebesar 17,73 persen, Konstruksi sebesar 10,31 persen, Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 8,02 persen, Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 6,31 persen.

Jika dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltim Tahun 2023, Pertambangan dan Penggalian menjadi lapangan usaha yang memberikan andil positif terbesar, yaitu sebesar 2,42 persen.

Kemudian diikuti oleh Konstruksi dengan andil positif sebesar 1,25 persen, Industri Pengolahan dengan andil positif sebesar 0,93 persen, dan Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor dengan andil positif sebesar 0,41 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com