Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersisian dengan Hutan Lindung, Tol IKN 3B-2 Dilengkapi Jembatan Satwa

Kompas.com - 10/02/2024, 11:51 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Proyek Jalan Tol IKN Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau-Sp. Tempadung akan dilengkapi dengan dua jembatan khusus satwa.

Fitur ini dirancang dirancang karena lokasi proyek jalan tol bersisian dengan Hutan Lindung Sungai Wain. Ada banyak satwa beragam jenis, mulai dari kera, macan kumbang, dan lain sebagainya.

Jalan Tol IKN Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau-Sp. Tempadung dikerjakan dengan skema kerja sama operasi (KSO) oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Jaya Konstruksi Tbk (Jakon), dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Baca juga: Penginapan, dan Rumah Makan di Sepaku Menjamur, PPU: Belum Ada Izin

Nilai porsi proyek WIKA sebesar Rp 1,2 triliun dengan target pekerjaan berlangsung hingga Juni 2025.

Proyek Jalan Tol IKN Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau-Sp. Tempadung berada dalam ruas jalur utama atau mainroad Tol Seksi 3B sepanjang 7,3 kilometer yang nantinya menjadi penghubung antara mainroad Jalan Tol IKN Seksi 3B dengan Jalan Kariangau.

Paket Jalan Tol ini bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan konektivitas wilayah Kalimantan Timur khususnya dari dan menuju kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito menuturkan, proyek Jalan Tol IKN Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau-Sp. Tempadung menambah panjang daftar portofolio perseroan di IKN.

Baca juga: Kabar Terbaru Bandara VVIP IKN, Lahan 22 Warga Belum Dibebaskan

Capaian ini sekaligus memotivasi WIKA untuk mengupayakan pembangunan proyek di IKN berlangsung pada tempo yang sama sehingga dapat selesai tepat waktu dengan kualitas yang baik.

Perolehan kontrak baru Proyek Jalan Tol IKN Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau-Sp. Tempadung juga menunjukan kepercayaan serta dukungan yang terus diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Begitu juga dengan adanya dukungan plafon bank garansi yang tertuang dalam Master Restructuring Agreement (MRA) antara WIKA dengan lembaga keuangan telah membuka ruang yang lebih luas bagi Perseroan untuk mengejar perolehan kontrak baru pada tahun 2024," ungkap Agung kepada Kompas.com, Sabtu (9/2/2024).

Dukungan ini menjadi sebuah pijakan yang baik bagi WIKA untuk melangkah ke depan sekaligus menuntaskan tugas-tugas yang telah dipercayakan sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara lebih optimal.

Jalan Tol IKN Segmen 3B-2 meliputi lingkup pekerjaan meliputi struktur elevated 1,2 kilometer, simpang susun atau interchange dua lokasi.

Ada pun nilai kontrak Jalan Tol IKN Segmen 3B-2 ini sebesar Rp 2,6 triliun selama dua tahun anggaran 2023-2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com