Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2024, 10:36 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) berdampak signifikan dan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur (Kaltim) sepanjang 2023.

Kepala BPS Kaltim Dr Yusniar Juliana mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, Senin (5/2/2024).

"Pembangunan IKN merupakan bagian dari Lapangan Usaha Konstruksi, dampaknya sangat signifikan. Selain itu juga ada proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina, dan aktivitas konstruksi lainnya," jelas Yusniar.

Lapangan Usaha Konstruksi masuk dalam tiga lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi dan berkontribusi besar terhadap ekonomi Kalimantan Timur (Kaltim) yang tercatat melaju 6,22 persen secara kumulatif pada 2023.

Baca juga: Pemasok Air Baku IKN Diresmikan Maret, Kini dalam Tahap Impounding

Lapangan Usaha Pengadaan Listrik dan Gas memberikan kontribusi sebesar 16,05 persen, Konstruksi sebesar 15,82 persen, dan Jasa Keuangan dan Asuransi sebesar 11,72 persen. 

Dorongan kuat dari tiga lapangan usaha ini menjadikan sebesar 6,22 persen di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Nasional.

Pertumbuhan ekonomi Kaltim secara umum menunjukkan akselerasi dan kinerja ekonomi yang lebih baik selama Tahun 2023 dibanding kinerja Tahun 2022 yang sebesar 4,48 persen.

”Hal ini merupakan hal positif, karena kita di atas rata-rata Nasional 5,05 persen,” ucap Yusniar.

Dia memerinci, pertumbuhan ekonomi tahun 2023 didorong oleh capaian kinerja yang positif di seluruh lapangan usaha.

Termasuk Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian sebagai lapangan usaha utama perekonomian Provinsi Kalimantan Timur tumbuh sebesar 5,18 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi terjadi pada Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 36,40 persen.

Baca juga: Volume Lalin Tol Balsam Meningkat 8,6 Persen Saat Long Weekend

Jika dibandingkan dengan pada priode yang sama tahun sebelumnya pertumbuhan ekonomi Kaltim tumbuh sebesar 5,76 persen dan ini angka yang cukup tinggi.

Ekonomi Provinsi Kaltim Triwulan IV-2023 terhadap triwulan sebelumnya mengalami pertumbuhan sebesar 2,30 persen (q-to-q).

Jika dilihat kinerja Triwulan IV-2023 dibanding Triwulan III-2023 (q-to-q) mengalami pertumbuhan sebesar 2,30 persen.

Kondisi tersebut menunjukkan adanya percepatan kinerja ekonomi dibandingkan dengan Triwulan III-2023 yang tumbuh sebesar 1,61 persen.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com