Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Makan Durian Pertama di Rumah Jabatan Menteri Basuki di IKN

Kompas.com - 01/05/2024, 06:05 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Ada yang menarik dalam kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (30/4/2024).

Sandiaga menikmati buah durian di RTJM yang kelak menjadi kediaman Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Persil 105, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). 

Baca juga: Sandiaga Pastikan Hotel Nusantara dan Qubika Siap Digunakan Saat HUT ke-79 RI

Menurutnya, ini merupakan buah durian pertama yang dikudapnya di IKN pasca Jakarta tak lagi jadi ibu kota negara setelah Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) resmi ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 25 April 2024.

"Makan duren di rumahnya Pak Basuki, ini kunjungan pertama setelah DKJ ya," ujar Sandiaga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Itu Kota Nusantara (IKN), Selasa (30/4/2024) ditemani Deputi Bidang Investasi OIKN Agung Wicaksono.KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Itu Kota Nusantara (IKN), Selasa (30/4/2024) ditemani Deputi Bidang Investasi OIKN Agung Wicaksono.
Dia menilai, desain dan layout RTJM bagus, compact, tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil, fungsional, pas, dan mengusung konsep smart home.

Hal ini terlihat dari teknologi smart home yang dapat mengatur operasionalisasi RTJM sehari-hari mulai dari pengaturan suhu udara, pencahayaan, curtainpanic button, dan lain-lain.

Baca juga: Kemenparekraf Hadirkan 300-400 UMKM Sambut HUT Ke-79 RI di IKN

Bahkan, kata Sandiaga, pembangunan RTJM mengacu pada konsep pembangunan berkelanjutan yang ditandai dengan penggunaan energi ramah lingkungan, bukaan yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah, dan teknologi air yang dapat mencegah penggunaan eksesif.

Menurutnya IKN dibangun dengan rancangan smart forest city yang memungkinkan pola hidup  kekinian, memudahkan penghuninya melakukan mobilitas dari satu poin ke poin lain hanya dengan berjalan kaki.

"Ini gaya hidup sehat. Satu saat saya akan membuat event lari di sini," cetus Sandiaga.

Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Ibu Kota Nusantara (IKN)KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Ibu Kota Nusantara (IKN)
Ditanya soal kesiapannya untuk pindah ke IKN, Sandiaga menjawab diplomatis. 

"Saya siap kapan saja, karena telah direncanakan diatur oleh Tim Sekretariat Negara (Setneg). Kami prinsipnya sangat mendukung (tinggal di IKN), terutama (ingin membangun) perekonomian kreatif di IKN," tutur Sandiaga.

Sandiaga sendiri, menurut Kepala BPPW Kalimantan Timur Rozali Indra Saputra akan menempati RTJM di Persil 104.

"Iya, Mas Menteri akan menempati rumah di Persil 104," imbuhnya.

Hingga saat ini, progres pembangunan 36 unit RTJM sudah mencapai 88 persen. Lima unit di antaranya sudah tuntas konstruksinya.

Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN menargetkan seluruh unit RTJM dengan luas masing-masing 720/1.200 meter persegi, selesai pembangunannya pada Juli 2024.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com